Jet Tempur Viper Polandia akan Jaga Langit Baltik dari Rusia - Trias Politika
  • Breaking News

    Jet Tempur Viper Polandia akan Jaga Langit Baltik dari Rusia

    Jet Tempur Viper Polandia akan Jaga Langit Baltik dari Rusia



    INDOPOST, MILITER - Angkatan Udara Polandia sedang menyiapkan beberapa armada jet tempur F-16 mereka untuk bergabung dalam misi Baltic Air Policing (BAP) NATO. Mereka akan diberangkatkan pada Mei 2017 mendatang.

    Misi ini akan menjadi pertama kalinya Polandia mengirimkan Viper mereka untuk misi jangka panjang di Lithuania. Selama ini Angkatan Udara Polandia lebih memilih untuk menggunakan jet tempur MiG-29 Fulcrum.

    Pilot dan personel dari  Pangkalan Udara 31 Krzesiny  di sekitar Poznan yang akan dikirim bersama empat F-16 selama misi BAP ini.

    Ini adalah pertama kalinya  Polandia F-16 menggantikan Fulcrum  dalam tugas BAP yang dilakukan untuk menjaga langit negara-negara Baltik yang berbatasan dengan Rusia.

    Beberapa tahun yang lalu, muncul pertanyaan kenapa F-16 tidak bisa digunakan di Baltik. Polandia dianggap tidak memilki anggaran dan menghindari kerusakan pesawat hingga tidak mengirimkan pesawat ini.

    Pesawat Polandia akan ditempatkan di MOB BAP (Main Operating Base) di ┼áiauliai.  Ini adalah rotasi ketujuh Polandia dalam mendukung BAP dan akan  akan berlangsung dari 1 Mei hingga 31 Agustus. Mereka akan melakukan misi QRA (Quick Reaction Alert)  dan tugas-tugas pengawasan udara.


    (jtp/indo)