Jika Terpilih Jadi Gubernur Papua 2018, John Wempi Siap Rekrut 25.000 PNS - Trias Politika
  • Breaking News

    Jika Terpilih Jadi Gubernur Papua 2018, John Wempi Siap Rekrut 25.000 PNS

    Calon Gubernur Papua, John Wempi Wetipo. (Dok: JW/INDO)



    INDOPOST, BIAK – Meski ada moratorium tentang penerimaan aparatur sipil negera (ASN), namun John Wempi Wetipo (JWW) berjanji akan merekrut 25.000 pegawai negeri bila terpilih sebagai orang nomor satu di Bumi Cenderawasih, pada pemilihan kepala daerah (pilkada) Gubernur Papua 2018 mendatang.
    “Saya bisa pastikan kalau Tuhan berkenan saya bisa pimpin Papua, kami akan buka peluang kesempatan kerja bagi generasi Papua untuk setiap tahun diangkat 5.000 pegawai negeri. Sehingga jika proses ini berjalan, maka dalam lima tahun, ada 25.000 orang jadi ASN di atas tanah ini,” kata JWW pada pengukuhan Relawan JWW Wilayah Saireri di Bum Biak Center, Kompleks Pondok Indah, Distrik Samofa, Biak Numfor, Sabtu, 25 Februari 2017.

    JWW mengakui sekarang ini pemerintah pusat memberlakukan moratorium penerimaan CPNS atau calon ASN. Belum dicabutnya morarorium menyebabkan Papua sampai dengan saat ini belum merekrut CPNS. “Tapi sebenarnya tak sulit minta pemerintah pusat buka kembali rekruitmen itu, apalagi provinsi ini miliki UU Otonomi Khusus (Otsus) yang dapat memperkuat pengusulan itu,” katanya.
    “Hanya saja, upaya itu bergantung kepada niat seorang gubernur untuk memintanya kepada Presiden Joko Widodo. Tapi kembali lagi (apakah Gubernur Papua yang ada saat ini) punya hubungan yang baik dengan pusat (atau tidak),” jelas JWW menambahkan.

    JWW pada kesempatan itu juga merasa prihatin dengan “dirumahkannya” sekitar 2.000 karyawan PT. Freeport Indonesia akibat imbas dari penghentian ekspor konsentrat oleh pemerintah pusat beberapa waktu lalu. Padahal negeri ini, sangat membutuhkan lapangan pekerjaan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

    “Makanya kalau terpilih saya akan berupaya menciptakan lapangan kerja yang banyak di Papua. Supaya apa, agar anak Papua bisa jadi tuan diatas tanahnya sendiri. Karena itu saya ajak mari pilih pemimpin yang cerdas supaya bisa membawa masyarakat Papua pada kehidupan yang lebih baik. Sehingga kedepan kita bisa kurangi pengangguran dan dengan begitu, kita juga bisa kurangi tindak kejahatan di seluruh Papua,” ajak JWW.


    (Adv/JW/indo)