JK: Indonesia Tawarkan Investasi Pariwisata & Ekonomi pada Raja Saudi - Trias Politika
  • Breaking News

    JK: Indonesia Tawarkan Investasi Pariwisata & Ekonomi pada Raja Saudi

    Wakil Presiden Yusuf Kalla




    INDOPOST, JAKARTA - Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud dari Saudi Arabia menjadi tamu VVIP yang ditunggu-tunggu tuan rumah Indonesia sejak lama, bahkan Wakil Presiden Yusuf Kalla (JK) menjelaskan kurang lebih sudah 25 kali Indonesia mengunjungi Saudi Arabia.

    Terakhir kali kunjungan Indonesia ke Arab Saudi adalah saat Presiden Joko Widodo bertemu Raja Salman pada bulan September 2015, terkait penambahan kuota haji sebanyak 10.000 orang.

    "Tentu kan itu pertamanya membalas kunjungan Presiden Indonesia yang sudah berkali-kali. Barang kali Presiden Indonesia setidaknya sudah 25 kali, setidaknya berapa presiden sih itu, berkali-kali lah. Baru dibalas ini," ujar Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) kepada wartawan di Istana Wapres, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jumat (24/2/2017).

    Kali ini, pemerintah mengharapkan kedatangan orang nomor satu di Saudi Arabia ke tanah air dapat semakin lebih mempererat kerja sama diberbagai investasi.

    JK menekankan hubungan kerja sama Indonesia-Arab Saudi selama ini lebih banyak pada bidang keagamaan, pendidikan, dan sosial. Oleh karenanya, pada kunjungan kali ini Arab Saudi akan fokus pada investasi kerja sama ekonomi. Investasi yang diharapkan terkait pariwisata, keuangan, dan perbankan serta penyulingan minyak.

    "Ya indonesia, kita, menawarkan banyak hal kemungkinannya. Apakah itu di bidang investasi, di bidang wisata, apakah itu di bidang keuangan dan perbankan. juga keinginan dia khususnya investasi di bidang refinery (kilang), seperti itu," ungkap JK di hadapan para awak media.

    Jusuf Kalla melihat jika peningkatan investasi ini berjalan dengan baik, maka secara tidak langsung Indonesia mampu menyukseskan visi ekonomi Saudi Arabia 2030.

    "Karena itulah maka sesuai dengan visi pemerintah Arab Saudi 2030, yang isinya antara lain ingin meningkatkan investasi di luar minyak dan gas ya kan," tambah.

    Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud datang pada tanggal 1 Maret dalam rangka kunjungan kerja kenegaraan dan akan tinggal selama sembilan hari. Dalam kunjungannya, Raja Salman juga membawa rombongan berjumlah mencapai 1.500 orang.

    Delegasi rombongan sendiri akan mulai berdatangan pada tanggal 28 Februari 2017. Total pesawat yang digunakan untuk kargo dan penumpang yang melayani 29 penerbangan adalah 9 pesawat. Jenis pesawat rombongan Kerajaan Arab Saudi yang ditangani PT Jasa Angkasa Semesta (JAS) di Bandara Halim Perdanakusuma, di antaranya Boeing B747-400, B747 Freighter, B777, B757, dan B737-800.

    Indonesia sebagai tuan rumah hingga kini terus mempersiapkan dengan baik, kedatangan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud.


    (dsun/indo)