Konflik Pilkada, Kabupaten Intan Jaya Papua Memanas Pasca Pleno - Trias Politika
  • Breaking News

    Konflik Pilkada, Kabupaten Intan Jaya Papua Memanas Pasca Pleno

    Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw saat memberikan pengarahan kepada massa pasangan nomor urut 2 , untuk menghentikan pertikaian yang terjadi. (Katharina/indo)




    INDOPOST, JAYAPURA – Situasi Sugapa, ibukota Kabupaten Intan Jaya terus memanas, pasca penetapan pleno rekapitulasi KPU setempat. Bentrokan massa pasangan nomor urut 2 dan 3 sudah berlangsung sejak Kamis 23 Februari lalu hingga berita ini diturunkan. Polisi juga mempertebal pasukannya disana, hingga dua pleton, yakni dari Brimob Nabire dan Brimob Mabes Polri.

    Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua, Kombes Pol AM Kamal menyebutkan hingga sore tadi ada sekitar 80 orang yang luka ringan dan 18 orang lainnya luka berat.
    “Sebanyak 30 korban sudah dievakuasi ke Rumah Sakit Nabire dan 30 korban lainnya akan menyusul besok,” katanya, Sabtu 25 Februari 2017.

    Dalam bentrokan antara massa pasangan nomor urut 2 dan 3 juga mengakibatkan Kantor KPU dirusak, 14 rumah lainnya juga ikut terbakar, lalu tiga korban meninggal dunia.
    “Rombongan Kapolda dan Panglima Cenderawasih serta KPU telah bertemu kedua massa yang bertikai, untuk tak lagi saling menyerang dan melakukan pembakaran. Mari kita sudahi pertikaian ini,” kata Kamal sambil menirukan ucapan Kapolda, saat bertemu dengan massa pendukung nomor 2.

    Walaupun sempat dibatalkan pleno penetapan suara di Kabupaten Intan Jaya, namun KPU setempat kembali melanjutkan pleno dengan penetapan pasangan calon urut nomor 2 Yulius Yapugau-Yunus Kalabetme dengan perolehan 33.950 suara, disusul pasangan nomor urut 3, Natalis Tabuni-Yan Kobogeyau dengan 31.477 suara, pasangan nomor urut 1 Bartolomius Mirip-Deni Miagoni dengan 10.636 suara dan pasangan nomor urut 4 Thobiaz Zonggonau-Hermanus Miagoni dengan perolehan 1.928 suara.


    (Katharina/indo)