Menko Maritim: Presiden Telah Siapkan Opsi Soal Kisruh Freeport - Trias Politika
  • Breaking News

    Menko Maritim: Presiden Telah Siapkan Opsi Soal Kisruh Freeport

    Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan



    INDOPOST, JAKARTA - Presiden Joko Widodo telah menyiapkan opsi penyelesaian kisruh perubahan status kontrak PT Freeport Indonesia. Meski begitu belum jelas opsi apa yang akan diambil oleh Presiden.
    “Ya kita tunggu saja sebentar,” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan, di Kemenko Kemaritiman Jakarta, Jumat (24/2/2017).

    Menurut Luhut, sikap pemerintah jelas terutama terkait divestasi saham 51 persen. “Masa bangsa Indonesia sudah 50 tahun enggak boleh minta saham 51 persen? Tapi kita bikin tenang lah, baik-baik lah, kita tunggu saja sambil jalan,” katanya.

    Terkait permintaan Freeport agar ketentuan pajak bisa diberlakukan tetap seperti dalam Kontrak Karya (KK) dan tidak berubah-ubah sebagaimana diatur dalam Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK), Luhut mengatakan seharusnya tak masalah bagi Freeport.
    “Pajak itu kan menurun ya cenderungnya. Jadi saya kira enggak ada masalah mestinya,” katanya.

    Bahkan, kata Luhut, pemerintah juga tengah mempertimbangkan keringanan bagi perusahaan tambang asal Amerika Serikat itu.

    Pada prinsipnya, tambah Luhut, pemerintah tetap ingin investasi asing bisa masuk dan tidak dipersulit. Namun, Luhut menekankan, Freeport juga harus mematuhi aturan yang berlaku di Tanah Air.
    “Ya mana yang paling baik. Kita tetap ingin investasi asing tetap datang di kita dan sampai sekarang kan cukup bagus. Smelter kan bagus. Jadi kita juga tidak mau mempersulit yang investasi di Indonesia,” tegas Luhut.


    (us/indo)