Pasukan Irak Kembali Rebut Pangkalan Militer di Kota Mosul - Trias Politika
  • Breaking News

    Pasukan Irak Kembali Rebut Pangkalan Militer di Kota Mosul

    Militer Irak



    INDOPOST, BAGDAD - Angkatan Bersenjata Irak bergerak lebih maju ke barat kota Mosul yang dikuasi Daesh (ISIS) dan memasuki lingkungan perumahan pertama di kota itu.
    Pasukan Irak merebut kembali sebuah pangkalan militer dan sebuah desa di barat daya Mosul serta memasuki lingkungan perumahan, kata Letnan Jenderal Sami Al-Aridhi, dari pasukan kontra terorisme, Jumat (24/02/20017).

    Keberhasilan terbaru ini dicapai sehari setelah pasukan darat Irak, yang didukung angkatan udara, berhasil merebut kembali bandara Mosul pasca terlibat bentrokan hebat dengan teroris Daesh, yang menanam ranjau dan jebakan di seluruh kompleks.

    Pasukan relawan rakyat yang disebut Hashd Al-Sha'abi, juga membantu mengamankan jalan-jalan utama sebelah barat kota Mosul.

    Polisi federal Irak dan pasukan elit respon cepat dari Kementerian Dalam Negeri Irak sekarang sedang melakukan operasi pembersihan di bandara, yang akan berfungsi sebagai sebuah pangkalan udara militer untuk membantu membebaskan bagian barat Mosul.

    Di front terpisah, pasukan Dinas Kontra-Terrorisme Irak (CTS) pada Jumat merebut kembali pangkalan militer Ghozlani, yang akan menjadi fasilitas penting dalam pergerakan menuju wilayah Tal al-Rumman dan al-Mamoun di barat daya Mosul.

    Berbagai laporan menyebutkan,  para teroris yang beroperasi di kawasan itu melancarkan serangan bom dan operasi drone untuk memperlambat kemajuan pasukan CTS.

    Operasi militer di barat kota Mosul dimulai setelah pasukan Irak berhasil mengusir Daesh dari wilayah timur kota yang terbagi dua dengan aliran Sungai Tigris.


    (mz/indo)