Pilkada Kabupaten Sarni Papua: Hasil Rekapitulasi Ditolak 3 Paslon - Trias Politika
  • Breaking News

    Pilkada Kabupaten Sarni Papua: Hasil Rekapitulasi Ditolak 3 Paslon

    Saat penandatanganan Berita Acara Rekapitulasi penghitungan suara pilkada Sarmi. (Liza Indriyani/indo)



    INDOPOST, PAPUA  – Walau Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sarmi telah menetapkan pasangan Eduard Fonataba-Yosina T. Insyaf sebagai pemenang dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) Kabupaten Sarmi. Tapi tiga saksi dari pasangan calon (paslon) lainnya menyatakan sikap tak menandatangani berita acara rekapitulasi penghitungan perolehan suara.

    Salah satu saksi dari tim paslon nomor urut 3, Yuliwati mengaku kecewa terhadap penyelenggara (KPU) dan menduga ada kesengajaan memenangkan salah satu paslon. “Disini terjadi penemuan-penemuan yang tidak terduga, para penyelenggara (KPU) ini kurang terbuka dan terkesan menutup-nutupi dan berusaha untuk memenangkan paslon tertentu,” katanya usai penghitungan surat suara dalam Rapat Pleno Terbuka KPU Sarmi, Kamis, 23 Februari 2017.

    Berdasarkan hal itu, kata Yuliwati, akhirnya dirinya pun mengajukan keberatannya ke Panwas dan hal serupa juga dilakukan oleh saksi nomor urut 2 dan 4. Salah satu keberatan yang diajukan, yaitu terkait dengan adanya kotak suara  yang masih tertinggal di Kantor KPU.

    “Dari serangkaian kegiatan yang kami lakukan hari ini, tadi sekitar pukul 16.15 WIT baru ditemukan kotak suara yang tertinggal. Padahalkan anggota mereka bisa dikatakan banyak, kenapa bisa sampai terjadi hal seperti ini,” jelas Yuliwati.

    Ketua KPU Sarmi, Imam H. Keliwar menyatakan, hal ini hanya kesalahan teknis dan pihak KPU Sarmi tetap menjaga netralitas dengan tidak memihak kepada siapapun.

    “Tadi kotak itu langsung dibawa setelah berkoordinasi dengan Panwas dan pihak keamanan, lalu kami buka sesuai dengan aturan. Tentunya ini tidak menyalahi aturan karena sudah ada kesepakatan dengan Panwas dan saksi-saksi,” jelas Imam.


    (Liza Indriyani/indo)