Pilkada Kabupaten Sarni Papua: Pasangan Eduard - Yosina Menang - Trias Politika
  • Breaking News

    Pilkada Kabupaten Sarni Papua: Pasangan Eduard - Yosina Menang

    Saat penghitungan surat suara dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Suara Pilkada Sarmi. (Liza Indriyani)



    INDOPOST, PAPUA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sarmi akhirnya menetapkan pasangan calon nomor urut 1 Eduard Fonataba dan Yosina T. Insyaf sebagai pemenang dengan perolehan suara terbanyak dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) Kabupaten Sarmi.
     
    Data hasil rekapitulasi penghitungan suara di Kabupaten Sarmi, yaitu, pasangan nomor urut 1 sebanyak 7.692 suara, nomor urut 2 sebanyak 3.178 suara, nomor urut 3 sebanyak 5.760 suara, dan nomor urut 4 sebanyak 3.633 suara.

    Ketua KPU Sarmi Imam H. Keliwar menyatakan, hasil ini merupakan hasil yang benar-benar dari suara rakyat untuk Kabupaten Sarmi lima tahun kedepan. “Jika ada yang merasa keberatan dengan proses yang sudah berlangsung ini, tadi kami sudah bagikan form keberatan dan itu nanti akan ditindaklanjuti Panwas,” katanya, Kamis, 23 Februari 2017.

    Sementara Ketua Pawas Kabupaten Sarmi, Elisabeth Veronika Maktay mengatakan, pihaknya sudah memegang surat keberatan dari para saksi dan akan menindaklanjuti hak ini 3 x 24 jam.“Berdasarkan form yang sudah mereka ajukan, akan kami tindaklanjuti dan kami akan mengirimkan undangan untuk mengklarifikasi laporan itu,” katanya.

    Elisabeth menuturkan, jika di tingkat kabupaten tidak dapat diselesaikan, maka akan diajukan ke tingkat provinsi. “Dan kalau memang terdapat bukti kesalahan, maka akan berurusan dengan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP),” katanya.


    (Liza Indriyani/indo)