Sebanyak 50 Guru di Kota Sorong Ikuti Kegiatan Literasi Keuangan - Trias Politika
  • Breaking News

    Sebanyak 50 Guru di Kota Sorong Ikuti Kegiatan Literasi Keuangan

    Kegiatan literasi keuangan bagi 50 guru mata pelajaran ekonomi SMA dan SMK di Kota Sorong. (Veyda Ody/indo)



    INDOPOST, SORONG  – AXA Mandiri kembali wujudkan komitmen untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai perencanaan keuangan dengan menyelenggarakan kegiatan literasi keuangan. Kegiatan kali ini diberikan kepada 50 guru mata pelajaran ekonomi, tingkat SMA dan SMK di Kota Sorong yang dilaksanakan di SMK YPK Imanuel Sorong.

    Director of Marketing & Operations AXA Mandiri, Kartono menyebutkan peran strategis guru sebagai pendidik diharapkan dapat menciptakan efek berganda, yakni menyebarluaskan pengetahuan mengenai perencanaan keuangan bagi anak didik, keluarga hingga masyarakat di sekitarnya.
    Berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inkluisi Keuangan 2016 yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), menyebutkan bahwa Indonesia memiliki indeks literasi keuangan 21,84% dan indeks inklusi keuangan 59,74%.

    Sedangkan untuk tingkat literasi keuangan khusus wilayah Papua Barat hanya mencapai 19,27%, nilai tersebut merupakan yang terendah dari seluruh wilayah di Indonesia. OJK sendiri menyebutkan bahwa target tingkat literasi keuangan atau melek keuangan masyarakat Indonesia bisa mencapai 75% pada 2019 mendatang.

    Kota Sorong merupakan wilayah yang dapat dikatakan sangat strategis karena menjadi lokasi persinggahan dari dan menuju tanah Papua. Bahkan sejak tahun lalu, wilayah Indonesia Timur menjadi salah satu wilayah fokus bagi pemerintah dalam meningkatkan pembangunan infrastruktur.
    “AXA Mandiri menilai perlu adanya stimulus untuk meningkatkan literasi keuangan di Papua Barat, karena Papua Barat merupakan salah satu wilayah yang penting akan potensi perekonomian yang baik, terutama di sektor pariwisata.” tambah Kartono.

    Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kota Sorong, Drs. Bistok Siahaan menyebutkan kegiatan literasi keuangan kepada guru mata pelajaran ekonomi diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan wawasan dari para guru, sehingga mereka dapat melakukan alih pengetahuan dengan baik kepada siswanya.

    Perwakilan Kepala Sekolah SMK YPK Immanuel, Juliana Picauly mengaku mendapatkan ilmu tambahan produk dan jasa keuangan yang disampaikan AXA Mandiri.

    Bersamaan dengan acara literasi keuangan, AXA Mandiri juga menyerahkan sumbangan berupa 150 buku “Mengenal Otoritas Jasa Keuangan dan Industri Jasa Keuangan” untuk siswa SMK YPK Immanuel Sorong dan kepada seluruh guru peserta literasi. Dalam kesempatan ini, AXA Mandiri juga melakukan pembayaran klaim asuransi Rp900 juta kepada salah satu nasabah di Sorong.


    (Veyda Ody/indo)