Tarik Minat Investor, Jokowi Minta Pelayanan Mengacu Standar Internasional - Trias Politika
  • Breaking News

    Tarik Minat Investor, Jokowi Minta Pelayanan Mengacu Standar Internasional

    Rakornas Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Dinas Penanaman Modal di Bali Nusa Dua Convention Center



    INDOPOST, NUSA DUA - Pemerintah hingga kini masih terus berupaya menarik minat para investor asing untuk berinvestasi di Indonesia. Untuk dapat menarik minat para investor, Presiden Joko Widodo mengatakan, salah satu cara yaitu memberikan pelayanan yang baik dan mudah, bukan berbelit-belit. Pemerintah pusat dan daerah harus selaras dalam menentukan standar, sesuai dengan perencanaan.

    Presiden Joko Widodo menyebut, jika Indonesia ingin dapat menjadi negara yang kompetitif di kancah dunia, maka sistem pelayanan yang harus diterapkan mengacu pada standar internasional yang efisien.
    "Kita ini Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Jangan kita terpecah belah oleh peraturan, oleh daerah, ataupun oleh kelompok yang bikin standar sendiri-sendiri tadi. Tolong kita ikuti standar-standar nasional yang sudah kita susun dan kita buat."

    "Kalau kita mau kompetitif di kelas dunia dan bahkan kita harus mengacu pada standar internasional yang ada. Acuannya itu. Mana yang paling efisien, itu yang kita ikuti," jelas Presiden ketika menghadiri Rakornas Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Dinas Penanaman Modal di Bali Nusa Dua Convention Center, Jumat (24/02/2017) petang.

    Presiden Jokowi juga menyoroti proses penerbitan Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP dan Tanda Daftar Perusahaan atau TDP. Kepala Negara ingin agar keduanya diintegrasikan menjadi satu sistem dan tanpa harus melakukan perpanjangan. Presiden ingin Indonesia dapat beradaptasi serta bergerak cepat dalam mengikuti perkembangan dunia guna menghindari ketertinggalan.


    (pr/indo)