Terkait Kematian Kim Jong-nam, Polisi Malaysia Akan Panggil Pejabat Kedubes Korut - Trias Politika
  • Breaking News

    Terkait Kematian Kim Jong-nam, Polisi Malaysia Akan Panggil Pejabat Kedubes Korut

    Kim Jong-nam



    INDOPOST, KUALA LUMPUR - Polisi Malaysia akan mempertanyakan seorang pejabat senior di Kedutaan Korea Utara di Kuala Lumpur, sehubungan dengan pembunuhan saudara tiri pemimpin Korea Utara pekan lalu.

    Kepala Polisi Malaysia, Khalid Abu Bakar, mengatakan pada Rabu (22/02/2017) bahwa penyidik ​​berusaha mempertanyakan sekretaris kedua kedutaan, serta karyawan dari maskapai penerbangan Korea Utara Air Koryo.

    "Kami telah menulis ke [Korea Utara] duta untuk memungkinkan kita untuk mewawancarai mereka. Kami berharap bahwa Kedutaan Besar Korea Utara akan bekerjasama dengan kami dan mengijinkan kami untuk cepat mewawancarai mereka. Jika tidak, kita akan memaksa mereka untuk datang kepada kita, "kata Khalid.

    Menurutnya, polisi "sangat percaya" bahwa empat tersangka lainnya, yang melarikan diri Malaysia pada tanggal 13 Februari - hari pembunuhan Kim Jon-nam - telah tiba di Pyongyang ibukota Korea Utara. Tiga tersangka juga diyakini masih berada di Malaysia.

    Kim diserang oleh dua perempuan saat akan melalui ruang keberangkatan di Bandara Internasional Kuala Lumpur Senin lalu. Ia meninggal dalam perjalanan menuju rumah sakit.

    Khalid mengatakan, lima tersangka Korea Utara, yang "sangat terlibat" dalam pembunuhan itu, menyediakan zat beracun kepada dua perempuan pelaku pembunuhan. Keduanya yang telah ditangkap, dan mereka mereka dilatih bagaimana mengusap racun pada wajah Kim.

    Pembunuhan itu terekam kamera CCTV bandara. Dan rekaman tersebut dirilis oleh televisi Jepang beberapa waktu lalu menunjukkan seorang perempuan memegang korban dari belakang dan lainnya mengusapkan racun ke Kim.


    (mz/indo)