Tolak Kerjasama, Polisi Malaysia Ancam Tangkap Sekretaris Dubes Korut - Trias Politika
  • Breaking News

    Tolak Kerjasama, Polisi Malaysia Ancam Tangkap Sekretaris Dubes Korut

    Kim Jong Nam



    INDOPOST, KUALA LUMPUR - Kepala Polisi Selangor Abdul Samah Mat mengatakan, Hyon Kwang Song, sekretaris dua kedutaan besar Korea Utara di Kuala Lumpur akan ditangkap jika tidak bersedia berkerja sama terkait penyidikan pembunuhan kakak tiri Kim Jong Un, pemimpin Korut.
    Seperti diberitakan Reuters, delapan warga Korut termasuk Hyon Kwang Song tengah diburu karena diduga terlibat pembunuhan Kim Jong Nam, kakak tiri pemimpin Korea Utara di Kuala Lumpur.

    Sementara itu, Menteri Luar Negeri Malaysia Anifah Aman pada Jumat (24/2/2017) mengatakan, Dubes Korut Kang Chol telah diberitahu tentang proses penyelidikan oleh polisi, tapi ia terus melontarkan tudingan terhadap pemerintah Malaysia.

    Kang sebelum ini mengatakan pihaknya tidak bisa mempercayai penyelidikan oleh polisi Malaysia.

    "Seluruh dunia tahu bahwa investigasi dilakukan obyektif, tidak memihak dan juga transparan," tegas Anifah.

    Seorang pejabat senior pemerintah Malaysia mengatakan, Kang telah mendapatkan kartu kuning, jika dia mengulangi tuduhan tak berdasar, ia akan diusir dari Malaysia.

    Kim Jong Nam, saudara tiri pemimpin Korut Kim Jong Un, diserang oleh dua wanita di bandara Kuala Lumpur pada 13 Februari ketika menunggu penerbangan ke Macau. Dia meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit.


    (mf/indo)