Memanas, Korsel Tutup 4 Toko Ritelnya di Cina - Trias Politika
  • Breaking News

    Memanas, Korsel Tutup 4 Toko Ritelnya di Cina

    ilustrasi



    INDOPOST, SEOUL - Perusahaan Lotte Group Korea Selatan mengatakan bahwa empat toko ritelnya di Cina ditutup di tengah memanasnya hubungan antara Seoul dan Beijing.

    Seperti dilansir Reuters, Senin (6/3/2017), Cina sebelumnya memprotes kesepakatan pertukaran lahan antara pemerintah Korea Selatan dan Lotte Group untuk menyebarkan sistem pertahahan rudal AS di Seoul.

    Cina merupakan pasar luar negeri terbesar bagi perusahaan ritel yang bermarkas di Seoul itu.
    Korea Selatan pada Juli 2016 memutuskan penempatan sistem THAAD AS di tenggara Seoul untuk melawan apa yang disebut ancaman rudal Korea Utara. Sebagian dari lokasi penempatan sistem itu adalah milik Lotte Group.

    Seorang juru bicara Lotte Mart mengatakan, empat toko mereka di Dandong, Changzhou dan dua lokasi lainnya ditutup pekan lalu atas perintah otoritas Cina. Mereka mengoperasikan sekitar 115 toko di Cina pada bulan Januari.

    Pemerintah Cina keberatan dengan penyebaran sistem rudal AS, dan mengatakan bahwa THAAD memiliki radar yang mampu menembus wilayah Cina.

    Beijing percaya bahwa penempatan sistem rudal itu di Seoul akan merusak keseimbangan strategis kawasan dan juga melemahkan kepentingan keamanan negara-negara regional termasuk Cina.


    (rm/indo)