16 April, Jokowi dan Ahok akan Resmikan Masjid Raya Daan Mogot - Trias Politika
  • Breaking News

    16 April, Jokowi dan Ahok akan Resmikan Masjid Raya Daan Mogot

    Masjid Raya Daan Mogot



    INDOPOST, JAKARTA - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama akan meresmikan Masjid Raya Daan Mogot yang diberi nama Masjid KH Hasyim Ashari, pada hari Minggu 16 April 2017.

    "Peresmian masjid raya Daan Mogot pada tanggal 16 April 2017. Sudah fixed Pak Jokowi yang resmikan," kata Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarata, Saefullah , di Balai Kota Jakarta, Senin (3/4/2017).

    Dikatakan, pada 16 April 2017 tersebut, Basuki Tjahaja Purnama telah selesai masa cuti kampanye Pilkada DKI Jakarta 2017, dan aktif kembali menjadi Gubernur DKI Jakarta.

    Dijelaskan, di masjid tersebut akan ada pusat kajian atau semacam Islamic Center.
    "Pengelolanya dari masyarakat. Sekarang lagi dibentuk timnya oleh pemda, melalui SK gubernur," ujarnya.

    Selain itu, Dinas Pendidikan Mental dan Spiritual (Dikmental) DKI Jakarta tengah menyusun pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM).

    Ditambahkan, selain masjid raya di Daan Mogot, rencananya Pemprov DKI Jakarta akan membangun masjid raya di wilayah lainnya.
    "Tadi di rapim, Pak Wali Kota Jakarta Timur mengusulkan pembangunan masjid raya di Pulogadung. Di Jakarta Pusat sudah ada Masjid Istiqlal, Jakarta Utara Jakarta Islamic Center, Jakarta Selatan belum ada usulan," ungkapnya.

    Masjid ini dibangun di atas lahan seluas 2,4 hektar dengan luas bangunan 16.985,43 meter persegi. Dibangun dua lantai dan 1 mezzanine. Masjid itu memiliki daya tampung hingga 12.500 jemaah.


    (prj/indo)