Iran Kecam Serangan AS di Suriah - Trias Politika
  • Breaking News

    Iran Kecam Serangan AS di Suriah

    Bahram Qasemi



    INDOPOST, TEHRAN - Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Bahram Qasemi mengatakan pada hari Jumat (7/4/2017) bahwa Iran mengecam keras serangan rudal Amerika Serikat terhadap pangkalan udara Suriah.

    Dia menambahkan bahwa Republik Islam sebagai korban terbesar senjata kimia dalam sejarah kontemporer, mengecam keras penggunaan senjata kimia – terlepas dari pelaku dan korban – dan bersamaan dengan itu, Tehran juga menganggap tindakan sepihak sebagai berbahaya, merusak dan melanggar prinsip-prinsip hukum internasional.

    "Iran percaya bahwa tindakan sepihak dengan dalih dugaan penggunaan senjata kimia di Khan Shaykhun, hanya akan memperkuat para teroris dan memperumit situasi di Suriah dan kawasan," tegas Qasemi.

    AS meluncurkan puluhan rudal jelajah pada Jumat dini hari terhadap pangkalan militer Suriah dalam merespon dugaan penggunaan senjata kimia di Khan Shaykhun, Provinsi Idlib.
    Dua kapal perang AS di Laut Mediterania menembakkan 59 rudal Tomahawk ke arah pangkalan udara al-Shayrat di Provinsi Homs di barat Suriah.

    Serangan itu dianggap sebagai invasi pertama AS terhadap Suriah pada masa Trump. Serangan rudal itu dilakukan tanpa otorisasi dari Dewan Keamanan PBB dan Kongres AS.


    (rm/indo)