Pleno KPUD: Befa Yigibalom Ditetapkan Sebagai Bupati Lanny Jaya Terpilih - Trias Politika
  • Breaking News

    Pleno KPUD: Befa Yigibalom Ditetapkan Sebagai Bupati Lanny Jaya Terpilih

    Befa Yigibalom Ditetapkan Sebagai Bupati Lanny Jaya Terpilih



    INDOPOST, JAYAPURA - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Lanny Jaya menetapkan pasangan calon nomor urut 2, Befa Yigibalom-Yemis Kogoya sebagai pasangan calon terpilih Bupati dan Wakil Bupati Pilkada Lanny Jaya, melalui rapat pleno terbuka di Hotel Aston Jayapura, Jumat (7/4/2017).

    Befa Yigibalom-Yemis Kogoya merupakan pasangan petahana yang dinyatakan unggul dengan perolehan 73.748 suara atau 65 persen dari total suara sah. 

    Penetapan pasangan calon dilakukan setelah KPUD memastikan tidak ada lagi proses hukum terkait perselisihan hasil Pilkada Kabupaten Lanny Jaya. MK menolak gugatan paslon no urut 1 karena tidak memenuhi ambang batas perolehan suara dua persen. 

    Penetapan paslon terpilih Pilkada Lanny Jaya hanya dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Terpilih, Befa Yigibalom-Yemis Kogoya. Sedangkan pasangan calon lainnya tak hadiri. 

    Ketua KPUD Lanny Jaya Tanus Kogoya mengatakan pihaknya diberi waktu tiga hari untuk melaksanakan pleno penetapan pasangan calon terpilih setelah gugatan hasil pilkada di tolak Mahkamah Konstitusi. 
    "Tanggung jawab sebagai penyelenggara telah tuntas, selanjutnya kami akan menyerahkan SK penetapan ke DPRD untuk ditindaklanjuti sebagai bahan penyusunan SK Pelantikan paslon terpilih ke Kementrian Dalam Negeri," kata Tanus kepada wartawan seusai rapat Pleno, Jumat (7/4/2017).

    Sementara itu, Befa Yigibalom memberikan apresiasi kepada seluruh pihak, khususnya masyarakat  yang telah mendukung pelaksanaan Pilkada di Lanny Jaya hingga berjalan damai dan sukses. Selain itu aparat TNI/Polri pun dinilai sukses mengawal jalannya pesta demokrasi. 
    "Masyarakat saat ini sudah cerdas dan paham apa itu demokrasi, sehingga hal-hal yang dikhawatirkan sebelumnya oleh berbagai pihak tak terjadi dalam Pilkada Lanny Jaya," katanya. 

    Ia menyatakan ditetapkanya bupati terpilih merupakan kemenangan untuk seluruh masyarakat Lanny Jaya. Dengan demikian tak ada lagi pihak yang menang ataupun kalah, tak ada lagi masyarakat yang terkotak-kotak. 
    "Saya harap jangan ada lagi yang memprovokasi masyarakat, sebab sekarang waktunya ktia bersama-sama membangun Lanny Jaya," tegasnya.


    (rk/indo)