10 Hari Terakhir, Rusia Berhasil Uji Coba 2 Rudal Balistik Antarbenua RS-24 Yars - Trias Politika
  • Breaking News

    10 Hari Terakhir, Rusia Berhasil Uji Coba 2 Rudal Balistik Antarbenua RS-24 Yars

    Rudal Antar Benua RS-24 Yars




    INDOPOST, MOSKOW - Pasukan Rudal Strategis Rusia telah menguji tembak rudal balistik antarbenua (ICBM) RS-24 Yars modern.Tes ICBM yang bisa membawa hulu ledak nuklir ini merupakan yang kedua dalam 10 hari terakhir.

    Peluncuran dilakukan pada hari Rabu dari Kosmodrom Plesetsk di barat laut Rusia oleh pasukan divisi rudal ke-14, yang ditempatkan di dekat Kota Yoshkar Ola. Peluncur rudal dengan propelan padat dan berbasis peluncur ini membawa muatan multiple hulu ledak ke target di Kamchatka. 

    "Uji coba peluncuran rudal Yoshkar-Ola divisi rudal balistik antarbenua RS-24 Yars, dilengkapi hulu ledak yang bisa dilepaskan, tiba di area yang ditentukan pada uji coba di Semenanjung Kamchatka di Plesetsk Test Space Cosmodrom," kata Kementerian Pertahanan Rusia kepada kantor berita TASS.

    Kementerian Pertahanan Rusia merilis video peluncuran tersebut, yang dilansir Russia Today semalam (21/9/2017). Menurut kementerian tersebut,  tes itu telah mengonfirmasi kemampuan batch dari ICBM, yang merupakan tujuan dari latihan peluncuran rudal.

    Uji coba rudal jenis ini sebelumnya dilakukan pada 12 September 2017 dari sebuah silo di Plesetsk.

    RS-24 Yars adalah varian modern dari seri rudal Topol-M, yang dirancang untuk menggantikan rudal UR-100N propelan cair terdahulu, yang lebih dikenal dengan SS-19 Stiletto, nama versi NATO.

    Rudal Yars melakukan penerbangan perdananya pada tahun 2007 dan diberi lampu hijau untuk pelayanan militer Moskow dua tahun kemudian.

    Lima divisi rudal Rusia saat ini dipersenjatai dengan rudal Yars yang ditempatkan di silo atau di peluncur mobile.
    (mas/indo)