Heboh Soal Wacana Pemerintah Aceh Akan Kasih 1 Pulau Untuk Pengungsi Rohingya, Ini Kata Gubernur Irwandi..!! - Trias Politika
  • Breaking News

    Heboh Soal Wacana Pemerintah Aceh Akan Kasih 1 Pulau Untuk Pengungsi Rohingya, Ini Kata Gubernur Irwandi..!!

    Gubernur Irwandi



    INDOPOST, BANDA ACEH - Wacana terkait pemerintah Aceh akan menyerahkan satu pulau kepada pengungsi Rohingya memang mengundang simpati dari berbagai pihak. Belakangan santer beredar kabar bahwa Aceh akan menyerahkan satu pulaunya untuk muslim Rohingya, namun hal tersebut dibantah oleh Gubernur Aceh.

    "Siapa bilang itu," kata Gubernur Irwandi saat ditanyai hal tersebut oleh wartawan saat meninjau bantuan kemanusiaan yang akan diterbangkan ke Banglades untuk pengungsi Rohingya di Lanud SIM Aceh, Kamis (14/9/2017).

    Menurut Irwandi, penduduk Rohingya di Rakhine State Myanmar sebenarnya memiliki jiwa nasionalisme yang sangat tinggi terhadap bangsanya. Namun Myanmar tidak pernah mengakui mereka sebagai warga negaranya.

    "Pengungsinya belum ada yang datang ke Aceh. Mereka punya sikap nasionalisme yang tinggi. Mereka tidak ingin berangkat dari negaranya. Cuma diusir dengan cara yang tidak manusiawi," ujar Gubernur Irwandi.

    Gubernur Aceh Irwandi Yusuf juga menambahkan, pemerintah Aceh dalam waktu dekat akan mengirimkan bantuan kepada para pengungsi Rohingya yang saat ini kondisinya cukup memperhatikan di perbatasan Bangladesh.

    "Kita akan salurkan dalam bentuk, ini dari pemerintah Aceh ada juga dari masyarakat. Kita juga akan mengintruksikan kepada kabupaten kota di Aceh untuk membantuk saudara kita pengungsi Rohingya yang juga sebagian besar beragama Muslim."

    "Ini kan bukan trip sekali saja, tapi akan ada trip selanjutnya yang akan diterbangkan ke Bangladesh," tutupnya.



    (mj/indo)