Proyek Jalan Tol Trans Jawa Rampung Tahun 2018 - Trias Politika
  • Breaking News

    Proyek Jalan Tol Trans Jawa Rampung Tahun 2018

    Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono



    INDOPOST, SEMARANG - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono ketika ditemui, Kamis (14/9/2017), usai memberikan kuliah umum di Universitas Islam Sultan Agung (unnisula) menyebutkan pembangunan ruas tol trans jawa berjalan lancar dan hanya menyisakan pembangunan ruas tol di jalur Salatiga – Solo.

    Terkait proyek tol sepanjang 661 Kilometer ini nantinya akan selesai pada tahun 2018 sehingga akses Jakarta Semarang Surabaya akan berjalan lancar, Sementara untuk proyek Salatiga Solo juga berjalan on progress.

    “Pembangunan Jalan Trans Jawa sepanjang 661 Kilometer tinggal menyisakan jalur Tol Salatiga Solo. target pekerjaan ruas tol Trans Jawa akan selesai ditahun 2018 nanti,” ujarnya.
    Sedangkan untuk ruas tol sumatra dikatakannya akan dimulai dari tiga titik yakni selatan dari Bakahuni sampai palembang yang ditargetkan rampung pada tahun 2019.
    “Dari tengah dimulai dari Pekanbaru yang sudah dimulai pengerjaannya, sementara Medan-Kualanamu sepanjang 40 km saat ini sudah selesai dan mau diresmikan,” imbuhnya.
    Menurut Menteri PU, tantangan dalam pembangunan infrastruktur, termasuk ruas tol adalah luasnya wilayah Indonesia, tetapi harus dilakukan untuk menghubungkan akses yang berkaitan dengan konektivitas.

    “Apalagi bertujuan untuk meningkatkan daya saing, konektivitas menjadi kunci penting,” tegasnya.
    Sementara itu terkait dengan kunjungannya di Kampus Unisula, Menteri Basuki Hadimuljono mengatakan, kuliah umum yang disampaikan kepada mahasiswa baru ini berupa motivasi untuk dapat bersaing di generasi yang modern.
    Salah satu yang ditekankannya yakni peningkatan karakter pribadi anak-anak yang didominasi remaja itu.

    “Selain itu juga rasa nasionalisme cinta tanah air dengan meningkatkan kompetensi diri untuk dapat berasing dengan negara lain di era digitalisasi seperti saat ini,” imbuh Basuki.


    (ls/indo)