Dukung Kebijakan AS, Menhan Perancis: Kita Harus Serius Kontrol Aktivitas Program Rudal Iran - Trias Politika
  • Breaking News

    Dukung Kebijakan AS, Menhan Perancis: Kita Harus Serius Kontrol Aktivitas Program Rudal Iran

    Menhan Perancis, Florence Parly



    INDOPOST, PARIS - Menteri Pertahanan Perancis, Florence Parly demi mengiringi kebijakan Washington yang menuntut dihentikannya program pertahanan rudal Iran mengatakan, Paris menghendaki penanganan serius program rudal Iran.

    IRIB News melaporkan, Florence Parly saat berbicara di pusat riset internasional dan strategis Washington menekankan, kita harus serius mengontrol aktivitas regional dan program rudal Iran.
    AS dan sekutunya mengklaim uji coba rudal Iran bertentangan dengan resolusi 2231 Dewan Keamanan PBB dan uji coba ini mencakup rudal yang mampu membawa hulu ledak nuklir, namun Juru bicara kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Nabila Massrali baru-baru ini menekankan bahwa uji coba rudal Iran tidak melanggar kesepakatan nuklir.
    Kepala biro non proliferasi dan kontrol senjata Departemen Luar Negeri Rusia, Mikhail Ulyanov Selasa, 27 September lalu seraya menekankan bahwa resolusi 2231 Dewan Keamanan hanya meminta Iran menghindari peluncuran rudal balistik yang mampu membawa hulu ledak nuklir, mengingatkan, rudal balistik Republik Islam Iran tidak dirancang untuk membawa hulu ledak nuklir.
    "Program rudal Republik Islam Iran hanya untuk menjamin keamanan nasional negara ini," tegas Mikhail Ulyanov.
    Iran sendiri berulang kali menyatakan rudal balistiknya tidak dirancang untuk membawa hulu ledak nuklir dan Tehran juga tidak membutuhkan senjata atom, karena berdasakan fatwa Pemimpin Besar Revolusi Islam atau Rahbar, Ayatullah Khamenei, penggunaan senjata nuklir hukumnya haram.
    Petinggi Republik Islam Iran menegaskan kebijakan defensif dan rudal Tehran hanya untuk mempertahankan diri dan membantu perdamaian, stabilitas dan keamanan regional.

    (mf/indo)