Jika Diminta, Negara Ossetia Selatan Siap Mengakui Catalonia Merdeka - Trias Politika
  • Breaking News

    Jika Diminta, Negara Ossetia Selatan Siap Mengakui Catalonia Merdeka

    Menteri Luar Negeri Ossetia Selatan Dmitriy Medoev



    INDOPOST, TSKHINVALI - Pemerintah wilayah Ossetia Selatan mengatakan mereka siap untuk mengakui kemederkaan Catalonia dari Spanyol. Mereka menuturkan akan mengakui kemerdekaan Catalonia jika ada permintaan resmi dari Barcelona.

    "Kepemimpinan Ossetia Selatan akan mempertimbangkan pengakuan kemerdekaan Catalonia, jika menerima permintaan yang sesuai dari Catalonia," kata Menteri Luar Negeri Ossetia Selatan Dmitriy Medoev.

    Medoev, seperti dilansir Sputnik pada Minggu (29/10), kemudian menekankan bahwa tidak ada yang berhak menyangkal independensi orang-orang Catalan, dan pendirian negara mereka sendiri.

    Ossetia Selatan, atau  "State of Alania" merupakan negara kecil, yang dahulunya bagian dari Georgia. Wilayah ini lepas dari Georgia paska perang Georgia-Rusia. Namun, negara ini belum sepenuhnya diakui oleh dunia internasional. Selain Rusia, setidaknya hanya ada enam negara anggota PBB lainnya yang mengakui Ossetia Selatan.

    Sementara itu, terkait dengan Catalonia, mayoritas negara menegaskan tidak akan mengakui kemerdekaan wilayah otonom Spanyol. Terhitung Turki, Indonesia, Argentina, Meksiko, dan banyak negara lainnya yang menolak mengakui kemerdekaan Catalonia.

    Seperti diketahui pada Jumat lalu pemerintah daerah Catalonia menyatakan deklarasi kemerdekaan atas Spanyol, langkah yang direspon keras oleh Madrid. Perdana Menteri Spanyol Mariana Rajoy mengumumkan telah membubarkan parlemen Catalonia sebagai respon atas deklarasi kemerdekaan itu, dan mengumumkan bahwa pemilihan daerah akan dihelat pada 21 Desember mendatang di bawah kekuatan pembersihan.


    (esn/indo)