Lagi, AS Kirim 2 Kapal Induk ke Semenanjung Korea Jelang Kunjungan Trump - Trias Politika
  • Breaking News

    Lagi, AS Kirim 2 Kapal Induk ke Semenanjung Korea Jelang Kunjungan Trump

    USS Nimitz, salah satu kapal induk tambahan yang dikirim AS ke Semenanjung Korea jelang kunjungan Presiden Donald Trump



    INDOPOST, WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) mengirimkan dua kapal induk tambahan jelang kunjungan Presiden Donald Trump ke Asia Timur. Kunjungan orang nomor satu di negara adikuasa itu dilakukan di tengah meningkatnya ketegangan di sekitar Semenanjung Korea.

    Kapal induk USS Theodore Roosevelt dan USS Nimitz, bersama dengan kapal pengawalnya, telah bergabung dengan Armada ke-7 AS pada Rabu (25/10/2017). Kapal induk tersebut akan bergabung dengan kelompok kapal induk lainnya, USS Ronald Reagan, yang sudah beroperasi di Pasifik Barat di Semenanjung Korea.

    "USS Theodore Roosevelt siap untuk melaksanakan spektrum misi yang sama, mulai dari bantuan kemanusiaan hingga operasi tempur. Ketika kapal induk berangkat, kami harus siap untuk apapun," kata komandan kapal tersebut, Kapten Carlos Sardiello, seperti dinukil dari Russia Today, Kamis (26/10/2017).

    Pengumuman tersebut muncul tepat sebelum perjalanan Asia Timur Trump yang dijadwalkan. Presiden AS telah terlibat dalam sebuah perang kata-kata dengan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un. Sementara Trump bersumpah untuk "benar-benar menghancurkan" Korut dan menghukum "Little Rocket Man" Jong-un untuk uji coba rudal dan nuklirnya, Korut telah berulang kali mengancam untuk mengubah AS menjadi "abu dan kegelapan".

    Penyebaran baru dilakukan saat AS dan sekutu regionalnya, termasuk Jepang dan Korea Selatan (Korsel), melakukan latihan angkatan laut berskala besar, yang bertujuan memperkuat pertahanan rudal balistik.

    Rusia dan China telah lama menganjurkan sebuah rencana "pembekuan ganda", yang akan membuat Korut menangguhkan program rudal nuklir dan balistiknya dengan imbalan penghentian latihan militer gabungan AS-Korsel. Rencana tersebut, bagaimanapun, ditolak oleh AS.
    (ian/indo)