Luhut Resmi Buka Widi International Fishing Tournament 2017 di Halmahera - Trias Politika
  • Breaking News

    Luhut Resmi Buka Widi International Fishing Tournament 2017 di Halmahera

    Menko Maritim RI, Luhut Binsar Pandjaitan



    INDOPOST, HALMAHERA - Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia (Menko Maritim RI) Luhut Binsar Pandjaitan secara resmi membuka Event Widi International Fishing Tournament atau WIFT di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Provinsi Maluku Utara (Malut), bertempat di lokasi pelabuhan Babang, Kecamatan Bacan Timur, Rabu (25/10/2017).

    Pembukaan lomba memancing piala Presiden yang dilaksanakan pertama kali di Indonesia oleh Pemerintah Provinsi Malut yang bekerja sama dengan Kemenko Maritim RI tersebut, di tandai dengan pemukulan tifa atau gong sebagai simbol dimulainya lomba mancing.

    Open ceremonny WIFT 2017 yang di buka Menko Maritim RI tersebut, dihadiri oleh Pangdam XVI/Pattimura, Gubernur Malut serta seluruh Bupati dan Walikota yang ada di 10 Kabupaten dan kota yang ada di Malut.

    Ketua Panitia WIFT 2017, Rokhim Dahuri dalam sambutannya mengatakan, acara mancing terbesar itu sengaja digelar Malut, karena Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki kekayaan keanekaragaman hayati terbesar di dunia, sehingga dipromosikan ke luar melalui ajang WIFT.

    “Tujuannya adalah menjadikan Malut sebagai pusat ekonomi baru berbasis maritim yang sifatnya inovatif, ramah lingkungan dalam rangka mewujudkan Indonesia sebagai pusat maritim dunia,” ungkap Rohmin Dahuri yang juga selaku mantan Menteri Kelautan dan perikanan RI tahun 2004 silam.

    Ditambakan, Kab Halsel merupakan penghasil ikan terbesar di wiilayah Provinsi Malut, dengan jumlah produksi ikan tuna per tahunnya mencapai 1 juta ton.

    “Dari 34 provinsi di Indonesia, Maluku Utara masuk dalam ranking 9 sebagai provinsi yang memiliki produksi ikan terbesar di Indonesia,” akunya.

    Dia berharap tanggal pembukaan lomba mancing Internasional pada 25 Oktober itu akan ditetapkan sebagai hari mancing nasional.

    Sementara itu, Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan dalam sambutannya mengatakan, pembagunan serta pengembangan infrastruktur kelautan yang ada di Bumi Saruma itu.

    Lanjut Menteri Luhut, pembukaan yang dilakukan ini sesuai dengan arahan Presiden Jokowi terhadapnya, sebab agenda ini sebelumnya akan di buka oleh Presiden, namun dengan segala kesibukan yang ada akhirnya dirinya diperintahkan untuk mewakili Persiden untuk mebuka secara resmi event tersebut.

    ”Saya kemarin pagi dihubungi oleh bapak Presiden untuk mewakili beliau membuka kegiatan ini. Bapak Presiden hanya menyampaikan salam kepada seluruh warga Halsel dan Maluku Utara umumnya, dan beliau berjanji kedepan beliau akan datang ke Pulau Bacan,” ujar Luhut.

    Usai membuka acara mancing pada pukul 17.10 WIT, Menko Luhut langsung meninggalkan Pulau Bacan melalui Bandara Oesman Sadik Labuha dan kembali ke Ternate untuk selanjutnya terbang menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Jakarta.

    (id/indo)