Melalui Mekanisme Voting, DPR Sahkan Perppu Ormas Jadi UU - Trias Politika
  • Breaking News

    Melalui Mekanisme Voting, DPR Sahkan Perppu Ormas Jadi UU

    Melalui Mekanisme Voting, DPR Sahkan Perppu Ormas Jadi UU



    INDOPOST, JAKARTA - Rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengesahkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Masyarakat (Ormas) disahkan menjadi Undang-undang, Selasa (24/10/2017).
    Perppu disahkan melalui mekanisme voting. Rapat dihadiri oleh Wakil Ketua DPR Fadli Zon. Anggota dewan yang hadir adalah 445 orang.
    “Setuju 314 orang dan 131 anggota tidak setuju dengan total anggota yang hadir adalah 445 orang. Dengan demikian, dengan mempertimbangkan cacatan disampaikan oleh fraksi dalam rapat paripurna maka rapat paripurna menyetujui Perppu nomor 2/2017 tentang ormas menjadi UU," kata Fadli sambil mengetuk palu tanda pengesahan.
    Sejak awal, suara fraksi di DPR tidak kompak. Partai pendukung pemerintah seperti PDIP, Hanura, NasDem dan Golkar sejak awal pembahasan mendukung pengesahan Perppu menjadi Undang-Undang Pengganti UU No 17 tahun 2013 tentang Ormas.
     Sementara Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Demokrat dan PPP meminta agar ada perbaikan sebelum disahkan. Jadi setuju dengan catatan. Adapun Fraksi Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan PAN, konsisten menolak pengesahan Perppu Ormas

    (Sgd/Anto/indo)