Pemerintah Skotlandia Hormati Deklarasi Kemerdekaan Masyarakat Catalonia - Trias Politika
  • Breaking News

    Pemerintah Skotlandia Hormati Deklarasi Kemerdekaan Masyarakat Catalonia

    Menteri Luar Negeri Skotlandia untuk Urusan Luar Negeri Fiona Hyslop.



    INDOPOST, EDINBURGH - Pemerintah Skotlandia yang berorientasi kemerdekaan mengatakan menghormati posisi pemerintah daerah Catalonia yang mengumumkan kemerdekaannya. Hal itu diungkapkan lewat pernyataan Menteri Luar Negeri Skotlandia untuk Urusan Luar Negeri Fiona Hyslop.

    "Kami memahami dan menghormati posisi Pemerintah Catalan," Hyslop menyatakan dalam sebuah pernyataan seperti dinukil dari Reuters, Sabtu (28/10/2017).

    "Sementara Spanyol memiliki hak untuk melawan kemerdekaan, orang-orang Catalonia harus memiliki kemampuan untuk menentukan masa depan mereka sendiri. Deklarasi Kemerdekaan hari ini muncul hanya setelah seruan berulang kali untuk dialog ditolak," katanya.

    "Uni Eropa memiliki tanggung jawab politik dan moral untuk mendukung dialog guna mengidentifikasi bagaimana situasi dapat diselesaikan secara damai dan demokratis," tukasnya.

    Parlemen Catalonia telah mengumumkan kemerdekaan dari Spanyol. Pengumuman ini bertentangan dengan pemerintah Spanyol, yang pada saat bersamaan bersiap untuk menerapkan peraturan langsung terhadap wilayah tersebut.

    Perkembangan terbaru, Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy telah membubarkan parlemen Catalonia. Ia juga mengumumkan bahwa pemilu daerah akan dihelat pada 21 Desember mendatang. Rajoy mengambil keputusan tersebut sebagai bagian dari tindakan darurat untuk menanggapi parlemen Catalonia yang memberikan suara untuk menyatakan kemerdekaan dari Spanyol.

    Catalonia adalah salah satu wilayah Spanyol yang paling makmur dan sudah memiliki tingkat otonomi yang tinggi. Tapi daerah itu juga memiliki banyak ketidakpuasan bersejarah, diperburuk selama kediktatoran Franco tahun 1939-1975, ketika budaya dan politiknya ditekan.

    (ian/indo)