PM Spanyol Umumkan Pembubaran Parlemen Catalonia dan Menggelar Pemilu Daerah 21 Desember - Trias Politika
  • Breaking News

    PM Spanyol Umumkan Pembubaran Parlemen Catalonia dan Menggelar Pemilu Daerah 21 Desember

    Perdana Menteri Spanyol, Mariano Rajoy




    INDOPOST, MADRID - Perdana Menteri Spanyol telah membubarkan parlemen Catalonia. Ia juga mengumumkan bahwa pemilihan daerah akan dihelat pada 21 Desember mendatang di bawah kekuatan pembersihan.

    Mariano Rajoy mengambil keputusan tersebut sebagai bagian dari tindakan darurat untuk menanggapi parlemen Catalonia yang memberikan suara untuk menyatakan kemerdekaan dari Spanyol.

    Dia mengatakan akan berusaha untuk menyatakan pemungutan suara tersebut ilegal seperti dikutip dari Sky News, Sabtu (28/10/2017).

    Rajoy juga mengatakan kepala polisi Catalonia akan dipecat dan departemen pemerintah pusat akan mengambil alih kekuasaan pemerintahan Catalan.

    Pemerintah Spanyol menutup departemen urusan luar negeri Catalonia dan menolak delegasi di Brussels dan Madrid.

    Dia mengatakan penting untuk mengadakan pemilu baru untuk memastikan tidak ada yang dapat bertindak di luar hukum, namun menambahkan kami tidak pernah ingin mencapai titik ini.

    Dia mengatakan bahwa tujuannya adalah untuk mengembalikan Catalonia ke normalitas dan legalitas sesegera mungkin.

    Langkah tersebut akan meningkatkan ketegangan dengan pendukung kemerdekaan Catalan. Ribuan orang telah berkumpul di luar istana pemerintah Catalan untuk merayakan deklarasi tersebut.

    Mereka menyaksikan peristiwa di dalam parlemen dari dua layar raksasa saat mereka bertepuk tangan dan meneriakkan "kemerdekaan" di Catalan.

    Mosi tersebut, yang diboikot oleh partai oposisi, mengatakan bahwa Catalonia adalah negara demokratis yang independen, berdaulat dan sosial, dan meminta negara lain dan institusi untuk mengakuinya.

    Namun, setelah pengumuman dari parlemen Catalan, Rajoy mengisyaratkan bahwa perayaan mereka akan berlangsung singkat dengan mengatakan bahwa mereka telah melakukan sesuatu yang tidak mungkin yaitu menyatakan kemerdekaan.

    Para pendukung yang telah berkumpul di Sant Jaume Square di Barcelona untuk mendengar deklarasi Catalan diberi tahu tentang keputusan Rajoy membubarkan parlemen daerah tersebut.

    Sebuah band naik ke panggung dan orang-orang dengan berani mulai bernyanyi dan menari dengan musik, berteriak: "Kami tidak akan menyerah".
    (ian/indo)