Pungli..!! Oknum Aparat Desa Terjaring OTT - Trias Politika
  • Breaking News

    Pungli..!! Oknum Aparat Desa Terjaring OTT

    Kapolres Serang AKBP Wibowo



    INDPOST, SERANG – Oknum aparat desa di Desa Kragilan, Kecamatan Kragilan, Kabupetan Serang tertangkap tangan oleh Tim Saber Pungli Polres Serang. Operasi Tangkap Tangan yang dilakukan oleh Tim Saber tersebut diduga dalam pengurusan Surat Keterangan Usaha (SKU).
    Kapolres Serang AKBP Wibowo menjelaskan, OTT tersebut dilakukan berawal dari informasi masyarakat yang menyebut ada pungli di kantor Desa Kragilan dalam pengurusan SKU. Berbekal dari informasi tersebut, tim saber langsung bergerak melakukan penyelidikan. Pada saat itu, petugas memergoki ASP (18). warga Desa Kragilan yang tengah mengurus SKU memberikan sejumlah uang kepada AK (26) yang diketahui bekerja sebagai staf desa.
    “Dalam OTT tersebut petugas mengamankan satu dokumen SKU serta uang yang diduga hasil pungli dari tangan oknum aparat desa,” ungkapnya, Selasa (24/10).
    Dalam operasi tersebut, petugas mengamankan barang bukti uang tunai sebesar ratusan ribu rupiah. Meski didapat barang bukti dari hasil OTT, namun pihaknya mengaku tidak melakukan tindakan hukum terhadap penerima dan pemberi. Langkah ini dilakukan sebagai langkah peringatan serta memberikan efek jera terhadap para pegawai agar tidak ada lagi pungli serta melayani masyarakat sesuai aturan yang berlaku.
    “Kami tidak lakukan tindakan hukum. Ini sebagai efek jera agar tidak mengulang perbuatan yang sama,” katanya.
    (Bayu/indo)