Soal Rapat Paripurna Anies-Sandi, Dirjen Otda Bakal Temui Ketua DPRD DKI - Trias Politika
  • Breaking News

    Soal Rapat Paripurna Anies-Sandi, Dirjen Otda Bakal Temui Ketua DPRD DKI

    Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri, Sumarsono



    INDOPOST, JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri akan menemui langsung Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi terkait pelaksanaan Rapat Paripurna Istimewa yang hingga saat ini belum juga dilaksanakan untuk Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakafta Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

    Rapat Paripurna Istimewa itu butuh digelar agar Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Anies Baswedan dan Sandiaga Uno bisa menyampaikan visi-misi beserta programmnya untuk lima tahun ke depan.

    Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri, Sumarsono mengatakan akan menemui Prasetio, Jumat (27/10) ini untuk membicarakan perihal pelaksanaan Rapat Paripurna Istimewa yang tak kunjung digelar.

    "Jumat saya akan temui dan bicarakan soal paripurna ini," kata pria yang karib dipanggil Soni itu, Kamis (26/10).

    Mendagri Tjahjo Kumolo sebelumnya tak mempermasalahkan apakah paripurna itu tetap dilaksanakan atau tidak. Namun, Soni tetap merasa paripurna itu tetap perlu digelar.

    "Ya pokoknya nanti harus dibicarakan alasannya kenapa menunda," kata dia.

    Rapat Paripurna Istimewa sebelumnya memang dijadwalkan akan dilaksanakan bersamaan dengan hari pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Anies dan Sandiaga. Dalam rapat itu dijadwalkan Anies dan Sandi untuk menyampaikan visi dan misi serta program kerja untuk lima tahun ke depan.

    Namun, DPRD DKI kemudian memutuskan untuk menunda rapat tersebut karena belum adanya kejelasan waktu terkait pelaksanaannya. Namun hingga saat ini kejelasan rapat itu belum juga menemui titik terang.

    DPRD DKI menyebut tinggal menunggu keputusan Prasetio sebagai Ketua untuk menyetujui waktu pelaksanaan Rapat Paripurna itu. Akan tetapi, Prasetio dalam beberapa kesempatan mengatakan tak perlu menggelar paripurna.

    "Kalau untuk (agenda kerja Anies-Sandi) sampaikan saja, kan bisa langsung temui saya," kata Prasetio.

    Di satu sisi, Sekretaris Komisi A DPRD DKI Syarif menegaskan fraksi Gerindra masih terus mengusahakan agar Paripurna Istimewa tetap digelar.

    "Kami melakukan lobi-lobi dengan pimpinan terus menerus setiap hari," ujar Syarif.


    (osc/indo)