Terkait Korupsi e-KTP, KPK Kembali Panggil Mirwan Amir dan Adik Gamawan Fauzi - Trias Politika
  • Breaking News

    Terkait Korupsi e-KTP, KPK Kembali Panggil Mirwan Amir dan Adik Gamawan Fauzi

    Juru Bicara KPK, Febri Diansyah



    INDOPOST, JAKARTA – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memanggil mantan Wakil Ketua Badan Anggaran DPR, Mirwan Amir, untuk diperiksa sebagai saksi kasus dugaan korupsi proyek e-KTP, Selasa (24/10/2017).
    Mirwan sebelumnya mangkir dari dua kali panggilan KPK.
    “Hari ini KPK kembali mengagendakan pemeriksaan terhadap mantan Anggota DPR RI, Mirwan Amir, sebagai saksi untuk tersangka ASS,” kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, saat dikonfirmasi, Selasa (24/10/2017).
    ASS atau Anang Sugiana Sudihardjo merupakan Direktur Utama PT Quadra Solution. KPK telah menetapkannya sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi e-KTP.
    Selain Mirwan, penyidik KPK juga memanggil tiga saksi lainnya. Yaitu Direktur PT Gajendra Adhi Sakti yang juga adik mantan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Azmin Aulia; staf Fraksi Partai Demokrat, Eva Olimpita Soraya; dan anggota DPRD Yultekhnil.
    “Mereka juga akan diperiksa sebagai saksi untuk ASS,” imbuh Febri.
    Terkait Mirwan, sebelumnya lembaga antirasuah telah menjadwalkan pemeriksaan untuk eks anggota DPR fraksi Demokrat itu sebagai saksi pada Jumat (8/9/2017) dan Senin (16/10/2017). Namun dua pemanggilan itu tidak dia penuhi.
    Nama Mirwan disebut sebagai salah satu anggota legislatif yang turut menikmati uang panas dari proyek e-KTP yang merugikan keuangan negara hingga Rp2,3 triliun.
    Dalam surat dakwaan dan tuntutan terhadap dua mantan pejabat Kemendagri Irman dan Sugiharto disebutkan Mirwan menerima aliran dana sebesar 1,2 juta dolar AS dari proyek senilai Rp5,9 triliun.

    (julian/indo)