Setelah AS, Rusia Terbangkan Pesawat Pembom Tu-95MS Diatas Langit Samudra Pasifik - Trias Politika
  • Breaking News

    Setelah AS, Rusia Terbangkan Pesawat Pembom Tu-95MS Diatas Langit Samudra Pasifik

    Pesawat pembom Tu-95MS Rusia



    INDOPOST, MOSKOW - Setelah Amerika Serikat (AS) mengirim pesawat pembom B-2 berkemampuan nuklir dari Missouri dalam misi jarak jauh ke Pasifik pada akhir pekan, Rusia juga melakukannya pada hari Senin. Dua pesawat pembom strategis Tupolev-95MS terbang di atas Laut Jepang dan langit Pasifik.

    Manuver pesawat pembom Moskow terdeteksi militer Jepang. Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan bahwa pesawat jet tempur Amerika Serikat (AS) dan Jepang telah mengawal dua pembom strategis mereka saat melakukan penerbangan di atas Laut Jepang dan Pasifik.

    “Dua pembom strategis Tupolev-95MS Angkatan Udara Rusia telah melakukan penerbangan rutin melintasi perairan internasional Laut Jepang dan bagian barat Samudera Pasifik,” bunyi pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia.

    ”Pada bagian tertentu dari rute, awak Tupolev-95MS didampingi sepasang pesawat jet tempur F-18 (Angkatan Udara AS), dan sepasang pesawat tempur F-15, F-4 dan F-2A (dari Angkatan Udara Jepang,” lanjut kementerian itu, seperti dikutip Express.co.uk, semalam (31/10/2017).

    Pesawat Tu-95MS adalah versi perbaikan dari Tu-95 yang lebih tua. Pesawat bermesin empat ini dapat dipersenjatai dengan berbagai macam senjata termasuk rudal jelajah berhulu ledak nuklir.

    Kementerian tersebut tidak menjelaskan misi penerbangan kedua pesawat Tu-95MS ke wilayah Laut Jepang dan kawasan Pasifik. Baik manuver Moskow maupun Washington berlangsung di saat ketegangan di Semenanjung Korea sedang memanas terkait krisis nuklir Korea Utara (Korut).


    (mas/indo)