BUMN Cina Siap Investasi di Zona Ekonomi Bebas Anzali Wilayah Utara Iran - Trias Politika
  • Breaking News

    BUMN Cina Siap Investasi di Zona Ekonomi Bebas Anzali Wilayah Utara Iran

    ilustrasi kapal Hanjin China



    BEIJING - Delegasi ekonomi Cina menyatakan kesiapannya untuk menanam investasi di zona ekonomi bebas Anzali, wilayah utara Iran.

    IRNA melaporkan, Chen Shixo selaku kepala bagian kontrak perusahaan kontruksi Cina bersama delegasi ekonomi negara ini bertemu dengan Direktur Eksekutif Zona Ekonomi Bebas Anzali, Reza Masrour untuk membahas kerja sama ekonomi.

    "Tujuan keberadaanya di zona ekonomi bebas Anzali untuk berinvestasi di daerah ini," ujar pejabat BUMN Cina itu.

    Chen menilai zona ekonomi bebas Anzali dan Bandar Caspian  memiliki potensi besar untuk investasi.

    "Sarana berinvestasi di wilayah ini bisa lebih cepat dimulai," tegasnya.

    Sementara itu, Direktur Eksekutif Zona Ekonomi Bebas, Reza Masrour dalam pertemuan ini menyinggung hubungan Iran dan Cina yang strategis.

    "Saat ini, selain aktivitas produksi dan perdagangan, sejumlah perusahaan Cina beroperasi di zona bebas Anzali. Kamar dagang Cina dan berbagai perusahaan Cina juga menandatangani nota kesepahaman kerja sama dengan zona ekonomi bebas Anzali," papar Masrour.

    "Tersambungnya jalur rel kereta api Rasht di pusat provinsi Gilan dengan bandar Caspian akan menjadi proyek terpenting infrastruktur pemindahan barang. Dengan memperhatikan kekuatan delegasi Cina, besar kemungkinan tercapainya kesepakatan untuk pembangunan jalur rel kereta api Rasht ke bandar Caspian dengan investasi perusahaan Cina," pungkasnya.


    (ph/in)