Dua Partai Ini Diprediksi Berpeluang Lolos Batas Ambang 4% di Pemilu 2019 - Trias Politika
  • Breaking News

    Dua Partai Ini Diprediksi Berpeluang Lolos Batas Ambang 4% di Pemilu 2019

    ilustrasi



    JAKARTA -  Direktur Eksekutif lembaga survei Y Publica, Rudi Hartono, mengatakan, dua partai baru, yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo) berpeluang masuk parlemen dengan ambang batas 4 persen.

    "Dari empat parpol pendatang baru di pemilu 2019, ada dua yang elektabilitasnya cukup tinggi, yaitu Perindo 3,1 persen dan PSI 1,3 persen. Jika elektabilitasnya bisa dinaikkan, dua parpol ini berpeluang menembus parliamentary threshold 4 persen," kata Rudi dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Selasa (29/8/2018).

    Menurut dia, ada harapan besar dari publik terhadap partai-partai baru. Mereka berharap parpol baru punya rekam jejak bersih dengan tinggi 51,4 persen, menghadirkan tokoh/figur wajah baru 15,9 persen, agenda politik yang jelas 15,3 persen dan lebih banyak anak muda 10,4 persen dan lainnya 7 persen.

    Berdasarkan persepsi publik keseluruhan responden, partai yang dianggap paling mendekati selera dan aspirasi anak muda, yaitu PDIP 23,9 persen, Gerindra 11,2 persen, Golkar 5,4 persen, Demokrat 5,4 persen dan PSI 5,1 persen.

    "PSI masuk lima besar partai yang dianggap anak muda, " tuturnya.
    Menurut Rudi, anak muda cenderung menjaga jarak dengan politik. Namun, kemunculan PSI berpotensi menarik minat pemilih anak muda.

    "Kemunculan PSI yang berisi anak muda, dengan rekam jejak bersih, memang berpotensi menarik minat banyak anak muda untuk berpolitik," ujarnya.

    Tetapi, tambah dia, ada tantangan yang harus dilakukan PSI, yakni mereka harus menampilkan politik yang benar-benar berbeda dengan partai-partai tua/lama.

    "PSI harus mempertahankan rekam jejak bersih. Serta, menghadirkan politik kaya ide, gagasan dan punya agenda politik yang jelas," ucapnya.

    (ant/in)