Jelang Arus Mudik, Dinkes Tangsel Buka Posko Medis - Trias Politika
  • Breaking News

    Jelang Arus Mudik, Dinkes Tangsel Buka Posko Medis

    ilustrasi



    TANGSEL - Dinas Kesehatan kota Tangerang Selatan akan membuka posko kesehatan pada musim mudik lebaran tahun ini. Posko diselenggarakan untuk mengendalikan penyakit dan faktor risiko kesehatan masyarakat Tansel di musim mudik.

    Kepala Seksie Pelayanan Kesehatan Primer (Yankesprim) Dinkes Tangsel Adhy Purnawan menjelaskan, pihaknya telah berkoordinasi dengan sejumlah rumah sakit dan stake holder terkait untuk pendirian sekurangnya 5 posko kesehatan itu.

    Posko kesehatan, lanjut dia juga bertujuan untuk menurunkan kecelakaan lalu lintas dan kedaruratan penyakit lainnya.

    “Maka kita pastikan pelayanan penuh kesehatan bagi masyarakat pada libur mudik nanti,” ucap Adhy.

    Untuk mengantisipasi potensi kecelakaan dan masalah kesehatan saat arus mudik nanti, kata Adhy, sedikitnya ada lima posko kesehatan serta tersedia sembilan rumah sakit yang berada di sekitar posko, yang akan dibuka 8 hingga 23 Juni besok.

    "Posko kita ada di sekitar Pamulang Square, Perempatan Muncul, WTC Serpong, Indika Bintaro dan Fly Over Ciputat yang setiap harinya ada 30 petugas kesehetan yang dibagi dua shift dan lima ambulance di setiap posko," ucap dia.

    Sementara untuk pelayanan kegawatdaruratan, rawat jalan dan rawat inap tingkat pertama serta rujukan. Itu mengacu pada Kepmenkes Nomor 1215 Tahun 2001 Tentang Pedoman Kesehatan Matra.

    "Untuk rujukan, selain RSU Tangsel, kita juga telah berkoordinasi dengan rumah sakit swasta yang ada di kota Tangsel, seperti RS Asshobirin, RS Sari Asih Ciputat, RS IMC Bintaro, RS Medika BSD, RS Omni, Eka Hospital dan RS Premier Bintaro," terang dia.

    (alb/in)