Kecam Trump Terkait JCPOA, Tusk: Eropa Tidak Membutuhkan Musuh..!! - Trias Politika
  • Breaking News

    Kecam Trump Terkait JCPOA, Tusk: Eropa Tidak Membutuhkan Musuh..!!

    Presiden Dewan Eropa, Donald Tusk



    BULGARIA - Presiden Dewan Eropa, Donald Tusk, mengecam Presiden AS Donald Trump karena kebijakan "berubah-ubah" terbarunya, termasuk terkait kesepakatan nuklir Iran, dan mengatakan dengan teman-teman seperti Washington, Eropa tidak membutuhkan musuh.

    Tusk pada konferensi pers di Sofia, Bulgaria, pada hari Rabu (16/5/2018) mengatakan bahwa "Eropa harus berterima kasih" kepada Trump karena ia telah "menyingkirkan Eropa dari semua ilusi" melalui sengketa perdagangan dan penarikan dari perjanjian nuklir Iran, yang secara resmi dikenal dengan Rencana Aksi Bersama Komprehensif (JCPOA).

    Tusk mengatakan Uni Eropa harus bersatu untuk menghadapi "Sebuah fenomena baru – keputusan yang berubah-ubah dari pemerintahan Amerika. Melihat keputusan terbaru dari Presiden Trump, seseorang bahkan dapat berpikir bahwa dengan teman seperti ini, siapa yang membutuhkan musuh?" tegas Tusk.

    Tusk mengatakan bahwa Uni Eropa perlu melindungi perusahaan-perusahaan Eropa di hadapan keputusan AS, namun juga mencari cara untuk mengatasi program balistik Iran dan peran regionalnya.

    (mz/in)