Keluar dari Perjanjian Nuklir Iran, Politisi Perancis Ini Kecam Keputusan Trump - Trias Politika
  • Breaking News

    Keluar dari Perjanjian Nuklir Iran, Politisi Perancis Ini Kecam Keputusan Trump

    Marine Le Pen, Ketua Front Nasional Perancis



    PARIS - Keputusan Presiden AS Donald Trump keluar dari perjanjian nuklir dengan Iran telah memicu kecaman dari anggota kelompok 5+1 lainnya, termasuk Uni Eropa, Rusia, dan Cina.

    Ketua Front Nasional Perancis, Marine Le Pen percaya bahwa keputusan Trump meninggalkan perjanjian nuklir, berbahaya bagi perdamaian global dan kepentingan Perancis.

    "Presiden Emmanuel Macron harus memikul tanggung jawabnya untuk 'ilusi' yang ia miliki tentang kemampuannya mengubah pandangan Trump terkait perjanjian nuklir dengan Tehran," ujarnya pada hari Sabtu (12/5/2018) seperti dikutip Sputniknews.

    "Saya dengan tegas mengecam posisi Trump dan juga diplomasi Perancis yang ingin menjadi lebih neo-konservatif daripada (penasihat keamanan nasional AS), John Bolton dan berada di bawah dominasi AS tanpa punya pilihan lain," tegas Le Pen.

    Dia percaya bahwa kebijakan luar negeri Perancis yang salah arah dalam kaitannya dengan AS, akan menempatkan warga Perancis pada risiko dan merampas ekonomi Perancis dari pasar yang sangat menguntungkan.

    (rm)