Mantan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto Takjub Harta Cawagub NTT Emi Nomleni Cuma Rp 440 Juta - Trias Politika
  • Breaking News

    Mantan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto Takjub Harta Cawagub NTT Emi Nomleni Cuma Rp 440 Juta

    Foto bersama para panelis usai acara Kupas Kandidat di TVRI, Kamis, 17/05/2018



    JAKARTA - Mantan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto memuji kesederhanaan Cawagub NTT, Emelia J Nomleni. Bahkan, dia heran sekelas calon orang nomor 2 provinsi seperti Mama Emi, sapaan akrab Emelia, hanya memiliki harta Rp 440 juta.

    “Dari total harta Ibu, ini menjadi bukti integritas seorang pemimpin dan sebuah terobosan baru. Sukses untukmu, Tuhan berkati," kata Bambang saat menjadi panelis Kupas Kandidat yang disiarkan TVRI, Kamis (17/5) malam.

    Bahkan, kata Bambang, jika Emi bisa menjelaskan dari mana biaya pilkada yang besar, sementara total hartanya tidak begitu besar, “Ini menjadi batu ujian terhadap integritas seorang pemimpin.” 

    Mendengar total harta Emi itu, Bambang lagi-lagi terlihat heran. Sebab, sebelum menjadi cawagub mendampingi Marianus Sae, Mama Emi sempat menjadi anggota DPRD NTT selama 2 periode.

    "Ibu pernah menjabat DPRD NTT 2 periode dan total harta ibu hanya sekitar Rp 440 juta?" tanya Bambang membandingkan dengan banyak anggota DPRD yang sudah kaya raya.

    Emi membenarkan pertanyaan Bambang. "Dari semua kandidat, mungkin total pendapatan saya paling kecil. Saya pernah menjabat di DPRD NTT selama 10 tahun. Dan terakhir ini, saya juga dipercayakan menjadi Pemimpin Kawasan Industri Bolok. Kawasan industri ini sudah vakum sekitar 10 tahun. Saya kelolah kembali. Tapi ini bukan pendapatan yang luar biasa,” paparnya.

    Perempuan asal Soe ini mengakui bahwa harta kekayaannya memang tidak terlalu banyak. Untuk itu, dia sudah memberikan penjelasan kepada para pendukungnya, bahwa dia mungkin saja tidak memiliki sesuatu yang berlebihan.

    "Kontestasi ini sangat mahal. Tapi dengan ini saya memastikan dan memberikan jalan, agar orang-orang lain, yang mungkin saja nanti mengambil jalan politik, bisa mengikuti ini walau tidak memiliki cukup uang. Kehadiran saya bisa menjadi contoh, bahwa semua orang bisa terlibat politik walau tanpa dukungan dana yang besar," ujar Emi.


    (mb/in)