Pelabuhan Garongkong Melayani Kapal Internasional dan Rute Antarpulau di Kawasan Timur Indonesia - Trias Politika
  • Breaking News

    Pelabuhan Garongkong Melayani Kapal Internasional dan Rute Antarpulau di Kawasan Timur Indonesia

    Pelabuhan Garongkong, di Kabupaten Barru



    SULSEL - Pejabat Gubernur Sulawesi Selatan, Soni Sumarsono ingin memastikan jika semua infrastruktur di provinsi ini, sudah berjalan dan berfungsi selaiknya.

    Rabu (30/5), Soni melakukan kunjungan kerja, dan meninjau Pelabuhan Garongkong, di Kabupaten Barru yang jaraknya sekitar 150 kilometer dari Makassar.

    Kepala Bidang Pengembangan dan Keselamatan Dinas Perhubungan Kabupaten Barru, Ali Abdillah pun melaporkan, jika Pelabuhan Garongkong itu bukan pelabuhan penumpang, tapi pelabuham tersebut punya dua sisi untuk bersandarnya kapal.

    "Sisi luar, itu bisa untuk berlabuhnya kapal besar dengan tonase 62 ribu ton. Sementara sisi bagian dalam pelabuhan, itu untuk kapal tonase kecil dengan kapasitas 30 ribu ton," Ali melaporkan.

    Untuk panjang dermaga saat ini sekitar 250 meter dengan lebar 20 meter. Dan sekarang ada perpanjangan sepanjang 500 meter, agar mencapai 750 meter. Dengan target rampung 2019 mendatang.

    Bupati Barru, Suardi Saleh menambahkan, jika pelabuhan tersebut diharapkan bisa melayani kapal-kapal internasional dan antarpulau terutama di kawasan Indonesia timur.

    "Pelabuhan ini juga akan dibangun menjadi pelabuhan yang modern, dan dilengkapi dengan jaringan tranportasi yang lengkap," jelas Suardi.

    Bahkan menurutnya, Pelabuhan Garongkong tersebut akan terkoneksi dengan proyek kereta api trans Sulawesi, yang masih dalam tahap pembangunan.

    Pelabuhan Garongkong sendiri saat ini sudah difungsikan untuk bongkar muat logistik berupa batu bara dan semen. "Setelah ada penambahan dermaga, pada 2030, akan dimanfaatkan untuk bongkar muat bahan pangan curah non kering. Karena pelabuhan ini akan dijadikan pelabuhan kedua setelah Makassar," pungkas Ali.

    (mi/in)