Timses Klaim Dukungan untuk Jokowi-Ma'ruf Menguat - Trias Politika
  • Breaking News

    Timses Klaim Dukungan untuk Jokowi-Ma'ruf Menguat

    Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto



    SURABAYA - Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden, Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin, Hasto Kristiyanto menyebut Rapat Kerja Nasional (Rakernas) TKN bakal menguatkan elemen partai politik dan relawan agar, dapat melampaui hasil Pemilu 2014.

    "Daerah-daerah berdasarkan Pemilu 2014 lalu ada pergeseran persepsi yang semakin positif terhadap Pak Jokowi dan Ma'ruf," ujar Hasto saat konferensi pers di Rakernas TKN, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (27/10).

    Sekretaris Jenderal PDIP itu menuturkan Jawa Barat di mana Jokowi kalah pada 2014, sudah ada perubahan persepsi. Masyarakat, kata Hasto merasakan hasil kerja pemerintah Jokowi.

    Dukungan politik sejumlah tokoh pun cukup memadai. Tiga dari empat Calon Gubernur Jabar pada Pilkada 2018 mendukung Jokowi.

    "Kita melihat seluruh komponen bersatu ada gubernur terpilih Pak Ridwan Kamil, kemudian B Demiz itu juga menyatukan diri dalam tim kampanye. Kemudian Pak TB Hasanuddin kemudian Pak Dedi Mulyadi," kata Hasto.

    Banten pun diyakini suara Jokowi bakal aman karena sosok cawapres Ma'ruf Amin yang merupakan ulama besar Banten.

    "Daerah Banten, misalnya KMA itu sosok yang sangat mengangkat, tidak hanya di basis-basis di mana sejarah pergerakan Islam itu sangat kuat. Di Banten beliau juga tumbuh sebagai seorang yang besar," ucap Hasto.

    Provinsi Gorontalo dan wilayah Sulawesi juga diyakini suara bakal aman karena tokoh besar seperti Jusuf Kalla mendukung Jokowi. Jawa Timur pun demikian berkat dukungan Nahdlatul Ulama dan PKB.

    Hasto menegaskan semua provinsi di Indonesia itu penting untuk digaet suaranya. Tim Kampanye Daerah di beberapa provinsi sudah mulai bergerak.

    "Demikian juga Provinsi Kalimantan, Provinsi Sumatera yang padat penduduk, kita sudah melakukan konsolidasi, deklarasi-deklarasi langsung yang dilakukan oleh sekjen-sekjen. Di Sumut kita bergerak bersama-sama," pungkasnya.

    (cob/inf)