Anies Baswedan Umumkan Rencana Revitalisasi Kembali Taman Ismail Marzuki - Trias Politika
  • Breaking News

    Anies Baswedan Umumkan Rencana Revitalisasi Kembali Taman Ismail Marzuki

    Planetarium Taman Ismail Marzuki -- Ist




    JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta hendak melakukan revitalisasi ulang Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki (TIM), menyusul revitalisasi yang tuntas dan baru diresmikan pemerintah sebelumnya tahun lalu. Gubernur Anies Baswedan akan mengumumkan rencana besar revitalisasi ini pada Sabtu (10/11).

    Pengumuman tersebut menjadi bagian dari festival perayaan 50 tahun TIM bertajuk "Seni Bersama, Bersama Seni" yang akan digelar selama lima hari pada 7-11 November mendatang. Proyek revitalisasi dirancang Pemprov DKI bersama arsitek Andra Matin.

    "Detailnya nanti tanggal 10 November," kata Ketua Tata Usaha Taman Ismail Marzuki Verony Sembiring dalam jumpa pers di TIM, Senin (5/11).

    Pada 7 Juni, Anies mengeluarkan Keputusan Gubernur 1018 Tahun 2018 tentang Tim Revitaliasi Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki.

    Lewat keputusan itu, Pemprov DKI menunjuk Dinas Pariwisata dan Kebudayaan bersama lima perwakilan seniman untuk menjadi tim revitalisasi.

    Anggaran proyek diajukan ke RAPBD Perubahan 2019, yaitu Rp446,2 juta yang meliputi pengkajian ulang sebesar Rp173,2 juta dan honor tim sebesar Rp273 juta.

    Tahun lalu, kawasan TIM sebetulnya baru saja mengalami revitalisasi berupa perbaikan Gedung Teater Jakarta, Gedung Graha Bhakti Budaya, Plaza Teater Jakarta, kios kuliner, serta situs web resmi.

    Revitalisasi selesai dan diresmikan oleh Gubernur Djarot Syaiful Hidayat pada 12 Oktober 2017.

    Sementara itu, TIM akan berusia 50 tahun pada 10 November mendatang. Pemprov DKI akan mengadakan festival lintas seni dan generasi selama lima hari pada 7-11 November.

    Sejumlah penampil utama antara lain OM Pancaran Sinar Petromaks, White Shoes and the Couples Company, Kunto Aji, Maliq & D'Essentials, dan wayang kulit dari dalang Ki Sigid Ariyanto.

    (Medcom/inf)