Anies Janji Bangun Kembali Rumah Bagi Terdampak Bantaran Kali Yang Ambles - Trias Politika
  • Breaking News

    Anies Janji Bangun Kembali Rumah Bagi Terdampak Bantaran Kali Yang Ambles

    Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan



    INFILTRASI - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, meninjau delapan hunian yang amblas di bantaran Kali Ciliwung, Pademangan, Jakarta Utara. Anies berjanji segera membangun kembali rumah-rumah tersebut sehingga pada Desember mendatang bisa dihuni kembali.

    "Bagi keluarga yang terdampak, kita akan pastikan bahwa rumahnya akan terbangun. Insya Allah pertengahan Desember mereka bisa tinggal lagi di sini," ujar Anies usai meninjau rumah ambles di Pademangan Jakarta Utara, Selasa (20/11).

    Dia menyatakan, Pemprov DKI saat ini tengah membangun dinding penahan tanah yang panjangnya sekitar 80 meter. Selain itu, Anies menyebut pihaknya juga akan memeriksa dinding pembatas permukiman warga sepanjang aliran sungai Ciliwung.

    "Tadi di lapangan kita liat bahwa posisi dinding sekarang itu saja, itu lebih maju hampir 3 meter dari dinding lama yang terbuat dari batubata. Artinya memang sudah mengalami penyempitan," jelasnya.

    Baca: Tanah Bantaran Kali Ancol Ambles Akibat Pengerukan, Anies Akan Koreksi Kebijakannya

    "Nah pembangunan ini tuntas dalam dua minggu. Sesudah itu ada pengerasan dan Insya Allah daerah ini aman," sambung Anies.

    Soal penyebab dari rumah ambles, Anies memastikan akan melakukan pengkajian agar tidak ada lagi peristiwa serupa. Namun, dari hasil peninjauannya, mantan Mendikbud itu melihat lokasi rumah yang ambles tidak memiliki saluran yang jelas sehingga ada penggerusan yang berjalan jangka panjang.

    "Bahkan ini tempat kejadian ini sampingnya ada saluran air, tidak memiliki muara. Nggak bisa didiamkan begitu, karena ini sedikit demi sedikit menggerogoti di sekitar situ. Efeknya kejadian seperti ini," tutur dia.

    "Di samping situ sesungguhnya tempat aliran air, tapi tidak ada tempat saluran yang jelas sehingga ada penggerusan berjalan jangka panjang. Perlu diperiksa semuanya. Yang perlu diperbaiki kita akan perbaiki," kata Anies.

    (liputan6.com/inf)