Berkunjung ke Sanggau, Gubernur Kalbar Ingin Tuntaskan Program Desa Mandiri Melalui 20% Belanja Langsung APBD - Trias Politika
  • Breaking News

    Berkunjung ke Sanggau, Gubernur Kalbar Ingin Tuntaskan Program Desa Mandiri Melalui 20% Belanja Langsung APBD

    Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji



    SANGGAU - Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji berkeinginan mengarahkan 20 persen belanja langsung APBD Kalbar untuk menyelesaikan pembangunan desa mandiri. Hal itu dikatakan Sutarmidji saat berkunjung ke Kabupaten Sanggau, Senin (5/11/2018).

    "Itu ada 68 indikator desa mandiri, yang mana bisa dikerjakan dengan dana ADD, yang mana program kabupaten dan yang sekira berat itu kita yang tangani," kata Gubernur.

    Sutarmidji mengungkapkan, dari 2.031 desa di Kalimantan Barat, saat ini baru satu yang berpredikat desa mandiri. Gubernur mentargetkan hingga lima tahun kedepan bisa terbentuk 400 desa mandiri di Kalbar.

    "Walaupun dalam RPJMD ada 64 desa, tapi saya maunya 400 desa mandiri selama lima tahun kedepan. 400 inilah program yang akan kita keroyok pembangunannya. Tentu tidak bisa sendiri, karena itu nanti kita libatkan TNI juga untuk membantu membuka akses jalan yang masih terisolir," ujarnya.

    Di Kabupaten Sanggau, Sutarmidji menyempatkan diri meninjau water front Keraton Sanggau dan Komplek Wisata Sentana. Ia memastikan akan membangun dua destinasi wisata tersebut pada tahun anggaran 2019 mendatang. Gubernur berharap, Sentana sebagai objek wisata baru akan menjadi ikon masyarakat Kabupaten Sanggau yang bisa mengundang daya tarik bagi wisatawan domestik maupun lokal, bahkan mancanegara.

    "Saya pastikan tahun depan kita mulai, cuma berapa panjangnya nanti kita lihat," pungkasnya.

    (dm/inf)