Diperiksa di Polda Metro, Dahnil Pertanyakan Kenapa Hanya Dirinya Yang Dicari Polisi - Trias Politika
  • Breaking News

    Diperiksa di Polda Metro, Dahnil Pertanyakan Kenapa Hanya Dirinya Yang Dicari Polisi

    Dahnil Anzar Simanjuntak, Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah



    INFILTRASI - Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya. Kali ini, pemeriksaan terkait dengan kasus dugaan dana penyelewengan Apel Pemuda Islam.

    Atas pemanggilan dirinya itu, Dahnil merasa ada yang aneh. Menurutnya, kegiatan yang diinisiasi oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) itu melibatkan PP Pemuda Muhammadiyah dan juga GP Ansor. Akan tetapi, ia merasa dalam pemeriksaan ini, lebih ditekankan pada dirinya dan PP Pemuda Muhammadiyah.

    “Baru sebatas data yang saya diberikan (ke penyidik). Pemanggilan ini terkait kegiatan Apel Pemuda Islam, yang diikuti GP Ansor dan PP Pemuda Muhammadiyah. Tapi anehnya kenapa hanya saya yang dicari-cari,” ujarnya usai keluar istirahat Salat Jumat dari ruangan Ditkrimsus, Jumat (23/11).

    Menurutnya, pemanggilan ini ada kaitannya dengan sikap politiknya selama ini yang kerap mengkritisi pemerintah. Sehingga, ia menilai pemanggilannya merupakan konsekuensi dari sikap politiknya.

    “Saya paham betul, ini konsekuensi sikap saya yang mengkritisi pemerintah. Kami nggak tahu yang dicari-cari apa oleh pihak aparat keamanan. Biarkan masyarakat yang menilai,” ujarnya.

    Diketahui, kedatangannya memenuhi panggilan penyidik itu berkaitan dengan kegiatan yang diselenggarakan Kemenpora. Apel Pemuda Islam diikuti kader Pemuda Muhammadiyah dan Gerakan Pemuda (GP) Ansor Nahdlatul Ulama, di kompleks Candi Prambanan, Sleman pada Desember 2017 lalu.

    Selain Dahnil, penyidik pun memanggil Ahmad Fanani sebagai saksi karena keterlibatannya sebagai Ketua Panitia Kegiatan Apel Pemuda Islam.

    Kepala Sub Direktorat Tindak Pidana Korupsi Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya AKBP Bhakti Suhendarwan mengatakan, atas pemanggilan keduanya sudah dilayangkan surat untuk meminta keterangan soal dugaan kasus penyelewengan anggaran kegiatan Apel Pemuda Islam.

    “Intinya Pak Dahnil sebagai ketua dikonfirmasi dulu sama Ketua Panitia Fanani. Itu saja,” ucapnya, Kamis (22/11).

    (wiw/inf)