Gerindra Patok Tiga Kriteria Utama Calon Pendamping Anies - Trias Politika
  • Breaking News

    Gerindra Patok Tiga Kriteria Utama Calon Pendamping Anies

    Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta M Taufik



    INFILTRASI - Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta M Taufik menyatakan beberapa kriteria dalam proses uji kelayakan dan uji kepatutan calon wakil gubernur (wagub) DKI Jakarta. Dia menyebut terdapat tiga kriteria yang harus terpenuhi.

    Salah satunya yaitu mengenai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Jakarta kepemimpian Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

    "Gini, pemerintahan itu dinaungi programnya oleh RPJMD yang kemudian dielaborasi program tahunan. Semua pangkalnya RPJMD, itu di dalamnya ada visi misi gubernur," kata Taufik di gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (12/11/2018).

    Selanjutnya, kata dia menyebut cawagub harus memahami mengenai Provinsi Jakarta dan paham soal pemerintahan. Taufik tidak menginginkan sosok pendamping Anies Baswedan tidak mengetahui apapun mengenai Ibu Kota.

    Kendati begitu, dia menyebut siapapun yang terpilih menjadi wagub merupakan sosok yang bekerja untuk Jakarta.

    "Kayak Anies kan jadi gubernurnya rakyat Jakarta, bahwa partai itu menghantarkan," papar dia.

    Sementara, Taufik menyatakan pihaknya akan melakukan komunikasi secara internal untuk menentukan yang bertugas di tim uji kelayakan dan uji kepatutan.

    Tak hanya itu, dia mengaku tidak akan terlihat dalam tim tersebut. Sebab pihaknya tidak ingin terjadi konflik kepentingan dalam tim tersebut.

    "Kalau saya ikutan badan fit and proper nanti orang berpikirnya lain lagi," katanya.

    (ded/inf)