Pagi Ini Bursa Asia Antisipasi Kemenangan Partai Pendukung Trump - Trias Politika
  • Breaking News

    Pagi Ini Bursa Asia Antisipasi Kemenangan Partai Pendukung Trump

    ilustrasi



    JAKARTA - Bursa Asia diperdagangkan di zona hijau pada perdagangan Rabu pagi (7/11). Sementara itu, pasar masih mengamati proses jalannya pemilu tengah periode atau midterm election di Amerika Serikat, yang menentukan peluang dominasi partai pendukung Presiden AS Donald Trump di Kongres.

    Indeks Topix dan Nikkei di Jepang menguat 0,25% dan 0,21%. Indeks Hang Seng di Hong Kong juga naik 0,02%, sementara Shanghai Composite Index turun 0,23%.

    Indeks Kospi di Korea Selatan naik 0,45%. Sementara Indeks S&P/ASX 200 di Ausstralia flat dengan penambahan 0,01%.

    Ekspektasi investor terbagi dua. "Kami seperti pemain di pasar lainnya, berekspektasi Demokrat mendominasi parlemen, sehingga Trump tak bisa melaksanakan kebijakan pemangkasan pajak lebih lanjut dan mulai memasuki kebijakan risk-off," kata Masahiro Ichikawa, senior strategist Sumitomo Mitsui Asset Management, seperti dikutip Reuters.

    Partai Demokrat harus memiliki 23 kursi untuk memperoleh mayoritas suara di parlemen. Namun, polling opini memperkirakan, peluang Demokrat mengalahkan Republik, partai pendukung Trump, lebih kecil.

    "Tapi, mungkin ini sudah diperhitungkan pasar, sehingga kelanjutan aksi jual akan terbatas," kata Ichikawa.

    Investor lainnya menyebut, Trump tetap bisa menjatuhkan tarif tinggi untuk negara mitra dagangnya tanpa persetujuan Kongres, sehingga, kekhawatiran akan terjadinya perang dagang akan tetap menghantui ekonomi.

    (knt/inf)