Wacana Penurunan Passing Grade Seleksi CPNS Ditolak Menpan RB - Trias Politika
  • Breaking News

    Wacana Penurunan Passing Grade Seleksi CPNS Ditolak Menpan RB

    Menpan RB Syafruddin



    INFILTRASI - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin, menolak wacana menurunkan passing grade atau nilai ambang batas penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil 2018. Banyak peserta seleksi CPNS tahun ini yang gagal karena nilainya tidak mencapai ambang batas yang ditetapkan panitia.

    "Tidak ada menurunkan grade. Gradenya tetap," kata Syafruddin di Jakarta, Selasa (20/11).

    Mantan Wakapolri itu menjelaskan, dengan passing grade yang tinggi diharapkan seleksi akan menghasilkan Aparat Sipil Negara (ASN) kompetitif, profesional, kredibel dan mempunyai kemampuan yang andal untuk melayani masyarakat.

    Sebab, lanjut dia, Indonesia akan menghadapi revolusi industri 4.0, dan menuju visi indonesia 100 tahun merdeka pada tahun 2045.

    "Jadi ini enggak boleh mundur, ini harus maju, kalau tahun lalu nilainya B, kita harus naikkan B plus kalau perlu A. Karena patut diakui SDM kita ini belum terlalu memadai di ASEAN, Asia, bahkan di dunia internasional," tegasnya.

    Dia mengakui, dengan passing grade yang tinggi itu, harapan untuk mendapatkan ASN yang sesuai keinginan belum terpenuhi. Sementara, pihaknya sangat membutuhkan penghuni di pos-pos pemerintahan.

    "Oleh karena itu barangnya harus diketemukan. Ini harus diraih, satu lagi harus diraih juga, supaya ketemu barangnya. Sekitar 200 ribu-an yang pensiun tahun 2018 dan awal tahun 2019 itu harus dipenuhi," tandas dia.


    (Liputan6.com/inf)