150.000 Kit Test Covid-19 dari Shanghai China Tiba di Natuna, Pemerintah Siapkan Screening Massal - Trias Politika
  • Breaking News

    150.000 Kit Test Covid-19 dari Shanghai China Tiba di Natuna, Pemerintah Siapkan Screening Massal

    Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Korona Achmad Yurianto



    JAKARTA – Pesawat Hercules TNI Angkatan Udara yang menjemput alat kesehatan untuk keperluan tes virus korona atau Covid-19 dari Shanghai, China, sudah tiba di Natuna, Kepulauan Riau. Pesawat dijadwalkan terbang menuju Jakarta, Senin (23/3/2020) besok.

    Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Korona Achmad Yurianto mengatakan, pesawat Hercules membawa 150.000 kit test. Alat ini akan digunakan untuk melakukan screening test massal.

    “Sebanyak 150.000 kit test ini sudah berada di Tanah Air yang kemarin dijemput pesawat Hercules, sudah di Natuna. Nanti akan disebar sesuai pengelompokan risiko berdasarkan kasus yang kita layani ke masyarakat,” kata Yuri dalam konferensi pers di Jakarta, Minggu (22/3/2020).

    Baca: Atasi Covid-19, Pemprov DKI Kerahkan 50 Bus Sekolah untuk Angkut Tenaga Medis dan Pasien

    Dia menjelaskan, pemerintah akan mendatangkan lebih besar lagi. Ditargetkan 1 juta kit test untuk melakukan pemeriksaan massal demi mengendalikan persebaran korona.

    Menurut Yuri, sreening test akan diterapkan pada kelompok-kelompok berisiko. Artinya, ketika seseorang dinyatakan positif dan dirawat di rumah sakit, maka akan dilakukan penelusuran terhadap seluruh keluarganya. Apabila seseorang tersebut bekerja, maka rekan kerja yang paling memungkinkan melakukan kontak juga akan dites.