Atasi Covid-19, 28 Juta Warga Iran Lakukan Tes Massal - Trias Politika
  • Breaking News

    Atasi Covid-19, 28 Juta Warga Iran Lakukan Tes Massal

    Atasi Covid-19, 28 Juta Warga Iran Lakukan Tes Massal



    JAKARTA - Wakil Menteri Kesehatan dan Pendidikan Medis Iran, Alireza Raisi mengumumkan pihaknya akan melakukan tes massal terhadap 28 juta orang untuk menangani Covid-19 yang menjalar di negara ini.

    Raisi mengatakan, pada hari Jumat saja sudah lebih dari 2 juta orang telah diskrining untuk mendeteksi penyebaran Covid-19.

    "Skrining mereka dilakukan oleh kementerian Kesehatan melalui situs [khusus pendataan Covid-19] atau telepon," ujarnya hari Jumat. 

    Wakil Menteri Kesehatan Iran juga menunjukkan pengurangan jumlah kasus Covid-19 di 13 provinsi karena masyarakat mematuhi anjuran kesehatan dari pemerintah, tapi di provinsi lainnya masih tinggi.

    "Penerapan program tes massal ini adalah cara yang paling murah dan terjangkau untuk memutus rantai penyebaran virus corona," tegasnya.

    Program kementerian kesehatan untuk menangani Covid-19 melibatkan berbagai elemen termasuk angkatan bersenjata dan relawan masyarakat untuk mendeteksi dan melacak orang yang berhubungan dengan pasien, karantina dan perawatan serta pengobatannya.

    Kementerian Kesehatan dan Pendidikan Medis Iran per Jumat (20/3/2020) mengumumkan sebanyak 19.644 orang terinfeksi virus corona, 6.745 sembuh dan 1433 meninggal dunia.