Cegah Covid-19, Anies: Kami Sudah Siapkan Skema Karantina dan Skenario Distribusi Logstik - Trias Politika
  • Breaking News

    Cegah Covid-19, Anies: Kami Sudah Siapkan Skema Karantina dan Skenario Distribusi Logstik

    Gubernur Jakarta Anies Baswedan



    JAKARTA - Gubernur Jakarta Anies Baswedan mengaku sudah menyiapkan berbagai skenario dan skema untuk mencegah penyebaran virus corona. Termasuk skema karantina wilayah.

    Hal itu disampaikan Anies dalam konferensi pers di Balai Kota Jakarta, Senin (30/3/2020). Dalam skema itu Anies menjamin ketersediaan bahan pangan bagi warga ibu kota.

    "Kami sudah siapkan skenario dan skema hari- hari ini. Termasuk distribusi logistik," kata Anies.

    Anies menegaskan kebijakan penerapan karantina wilayah tetap ada di tangan pemerintah pusat. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jakarta tinggal menunggu payung hukum dari pusat untuk menerapkan skema karantina wilayah yang tegas untuk mencegah penyebaran corona makin luas.

    "Kewenangan terbatas, kami berharap ada ketetapan hukum sehingga ada penegakan law enforcement," ucapnya.

    Anies juga menyebut Pemprov Jakarta telah mengajukan usul karantina wilayah kepada pemerintah pusat dengan mengatur lima sektor yang harus tetap berjalan untuk memastikan kehidupan warga Jakarta. yaitu sektor energi, pangan, kesehatan, komunikasi, dan keuangan.

    Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu menyebut sejak awal Jakarta telah menerapkan karantina wilayah berupa pembatasan aktivitas masyarakat. Seperti meniadakan kegiatan belajar dan mengajar di sekolah, pembatasan kegiatan keagamaan dan kegiatan di tempat umum serta pembatasan perjalanan bus antarkota antarprovinsi keluar Jakarta.

    "Poin utama yang kami tekankan adalah Jakarta merupakan episentrum, supaya penyebaran dapat dicegah," ujarnya.