Cegah Penyebaran Corona, Kapolda Metro Jaya Minta Warga Jakarta Tidak Mudik Lebaran - Trias Politika
  • Breaking News

    Cegah Penyebaran Corona, Kapolda Metro Jaya Minta Warga Jakarta Tidak Mudik Lebaran

    Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana.



    JAKARTA - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana mengimbau masyarakat tidak mudik saat Idul Fitri. Tujuannya, mencegah penyebaran virus corona di Indonesia.

    "Kami mengimbau warga Jakarta untuk tidak mudik atau menundanya dahulu, sampai wabah corona ini berakhir. Ini supaya penyebaran virus corona tidak makin meluas," ujar Nana dalam keterangannya, Minggu (29/3/2020).

    Adapun imbauan tersebut juga bertujuan untuk menghindarkan penyebaran virus corona terhadap orang tua atau lanjut usia (lansia). Pasalnya, saat mudik lebaran, biasanya mereka akan bertemu dengan orang tua. Sedangkan orang tua lebih rentan terinfeksi virus corona.

    Melalui imbauan tersebut Nana berharap dapat mencegah penyebaran virus corona di transportasi umum saat masyarakat melakukan mudik ke kampung halaman.

    "Penundaan mudik juga sebagai salah satu bentuk physical distancing, atau mencegah kerumunan massa saat mudik," jelas Nana.

    Sementara itu, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengungkapkan masih menunggu keputusan pemerintah terkait mudik lebaran.

    Meskipun begitu, ia menyiapkan skema pengamanan apabila tidak ada pelarangan untuk mudik lebaran 2020 nanti.

    "(Pengamanan di) titik-titik kerawanan pada saat mudik di perbatasan di tol, jalan non tol, kemudian juga di titik-titik di mana terjadi titik pemberangkatan keluar Jakarta, seperti stasiun, terminal bis, pelabuhan, bandara," kata Sambodo.