Dukung Langkah Pemerintah, Ketua MPR Minta Rapid Test COVID-19 Dilakukan Secara Merata - Trias Politika
  • Breaking News

    Dukung Langkah Pemerintah, Ketua MPR Minta Rapid Test COVID-19 Dilakukan Secara Merata

    Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo



    JAKARTA - Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo mendukung penuh langkah Presiden Joko Widodo yang memulai rapid test atau tes cepat COVID-19 secara massal. Bambang Soesatyo  menyebut khususnya di Jakarta Selatan akan menjadi prioritas mengingat besarnya jumlah warga yang positif Virus Corona jumlahnya sudah mencapai 51 orang.

    "Saya berharap rapid test Covid 19 dilakukan ke seluruh wilayah DKI Jakarta, dan wilayah-wilayah lainya yang retan wabah Corona, tak hanya DKI Jakarta, mengingat besarnya aktifitas warga dari luar, khususnya dari kawasan Bodetabek yang sehari-hari bekerja ke DKI menggunakan commuter line (KRL) maupun bus," ungkap Bambang Soesatyo di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (20/3/2020).

    Bambang Soesatyo mengingatkan untuk melakukan rapid test tidak perlu membuat kegiatan yang memancing kerumunan warga. Pemerintah melalui tenaga medis bisa mendatangi langsung rumah-rumah warga atau door to door, sehingga tak menimbulkan masalah baru.

    "Diusahakan rapid test tidak dipusatkan di satu tempat dan tidak memancing kerumunan massa, sehingga, menghindari bercampurnya orang yang telah terpapar virus COVID-19 dengan yang masih sehat, sebab, orang yang terlihat sehat pun sebenarnya bisa berperan sebagai carrier COVID-19 dan bisa menularkan virus tersebut ke orang lain," kata Bambang Soesatyo.

    Bamsoet mencontohkan kejadian di Korea Selatan, karena 1 orang yang beraktifitas di rumah ibadah menyebabkan 46 orang terkena Covid-19. Keberhasilan Korea Selatan melawan Covid-19 tanpa lockdown juga patut ditiru. Kuncinya ada pada test masal yang gratis, keterbukaan informasi, serta tidak ada kegiatan pemerintahan maupun keagamaan yang memancing kerumunan.